Beranda Kesehatan Tips Sehat Saat Libur Akhir Pekan

Tips Sehat Saat Libur Akhir Pekan

Ilustrasi - foto istimewa Klikdokter.com

Saat akhir pekan banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk berlibur. Baik untuk melepaskan kepenatan kerja, atau ingin membagi waktu berkualitas bersama orang tersayang.

Namun seringkali kita melupakan untuk mengutamakan kesehatan kita saat sedang berlibur. Kita malah cenderung jatuh sakit usai berlibur karena tak memperhatikan kesehatan.

Dikutip dari detik.com, berikut adalah tips-tips manjur yang bisa mulai diterapkan pagi ini sebelum kamu berangkat berlibur:

1. Pikir dua kali sebelum memilih makanan

Saat liburan kita cenderung terlalu bebas dalam memilih makanan dan akhirnya diet jadi berantakan. Belum lagi jika makan sembarangan dan tak kenal waktu.

Pikir dua kali sebelum memilih makanan, jika kamu tetap memilih makanan tersebut, kamu bisa mengurangi porsinya dan mencari makanan lain yang lebih sehat. Ubah mindset dengan memikirkan tempat-tempat tujuan yang akan kamu kunjungi nanti, karena semakin sedikit ‘makanan’ yang kamu lihat, kecil kemungkinannya untuk makan terlalu banyak.

2. Rencanakan

Liburan tak lengkap rasanya tanpa rencana perjalanan. Saat itu, jangan lupa masukkan rencana untuk berolahraga atau mengatur waktu dan porsi makan. Kamu juga bisa memilih opsi makanan yang lebih sehat sebelum berangkat dengan mencari informasi secara online. Saat berlibur, lebih memilih menggunakan angkutan umum atau berjalan kaki bisa menjadi alternatif berolahraga. Tempat baru untuk berlibur akan terasa lebih menarik dan seru jika dieksplor dengan berjalan kaki.

3. Bekal makanan? Tak masalah!

Bekal makanan bukan hanya saat kita akan berangkat kerja ataupun sekolah. Saat kita liburan, membawa bekal juga tak masalah, lho. Justru bisa mengurangi rasa lapar dan menghindarkanmu dari makan berlebihan. Bawalah buah segar atau sebungkus kacang dalam tas sebagai cemilan saat berjalan-jalan, atau membawa sebotol minuman sendiri.

4. Minum yang banyak

Dengan waktu berjalan kaki dan jadwal liburan yang cukup padat bisa membuatmu cepat lelah. Tetaplah menghidrasi tubuhmu dengan banyak minum.

Agar menghemat, kamu bisa membawa botol minummu sendiri dan mengisinya di tempat-tempat yang menyediakan pengisian air minum gratis. Dehidrasi bisa merusak tubuhmu secara perlahan, oleh karena itu jangan sepelekan!

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini