Beranda Pesona Ramadan Tips Sehat Mudik Supaya Tak Jatuh Sakit Saat Sampai Kampung Halaman

Tips Sehat Mudik Supaya Tak Jatuh Sakit Saat Sampai Kampung Halaman

104
0
Ilustrasi - foto istimewa suara.com

Perjalanan panjang saat mudik membuat lelah tubuh, bahkan ‘tumbang’ alias jatuh sakit ketika sampai di tujuan.

Kalau sudah begini, momen Lebaran jadi tidak maksimal. Kesempatan untuk saling berkunjung ke rumah rekan atau kerabat bisa-bisa terlewatkan karena tubuh tidak cukup bugar untuk menjalankan aktivitas silaturahmi.

Berikut cara-cara memulihkan kebugaran tubuh seusai perjalanan mudik agar tetap sehat sesampai tujuan.

1. Perbaiki pola tidur

Perjalanan jauh, terutama melewati jalur darat dengan membawa kendaraan sendiri, mau tidak mau akan mengacaukan pola tidur. Memang sih, dianjurkan untuk istirahat tiap 4 jam agar tidak kelelahan. Tapi coba ngaku deh, siapa yang selalu merasa ‘tanggung’ dan melewatkan setiap rest area demi cepat-cepat sampai tujuan?

Nah, kekurangan waktu tidur tidak tergantikan oleh apapun juga kecuali dengan tidur itu sendiri. Jadi tidak ada pilihan lain, segera perbaiki pola tidur begitu sampai tujuan. Sebisa mungkin hindari obat-obatan atau zat apapun untuk memanipulasi rasa kantuk.

2. Makan sehat

Kelelahan membuat daya tahan tubuh menurun, sehingga mudah terserang penyakit. Mengonsumsi asupan dengan nutrisi yang baik akan membantu memperbaikinya. Banyak makan buah dan sayuran tentu akan sangat membantu.

3. Kembalikan hidrasi

Walau tidak banyak berkeringat, berkendara jarak jauh dalam waktu lama akan membuat tubuh kekurangan cairan. Akan lebih baik bila sepanjang perjalanan tidak pernah lupa minum air putih, demikian juga setelah sampai tujuan. Berbagai fungsi organ tubuh hanya akan berjalan dengan baik bila keseimbangan cairan tubuh terjaga.

4. Pulihkan pegal-pegal

Pegal-pegal atau nyeri otot adalah keluhan paling umum ditemukan di musim mudik. Atasi dengan peregangan maupun olahraga ringan, atau lakukan pijat sesuai kebutuhan. Mandi dengan air dingin juga bisa jadi pilihan.

5. Tak perlu buru-buru

Rindu pada kampung halaman mungkin sudah mengharu biru, rasanya ingin segera berkeliling bertemu dan berkumpul dengan kerabat dan rekan-rekan di masa kecil. Demi kesehatan, sebaiknya sesuaikan agenda berkeliling dengan kondisi tubuh. Bila memang kelelahan, maka prioritaskan dulu untuk recovery, memberi kesempatan untuk rileks barang sehari. (Red)

Sumber : detik.com