Beranda Kesehatan Cara Mudah Turunkan Kolesterol Setelah Lebaran

Cara Mudah Turunkan Kolesterol Setelah Lebaran

Ilustrasi - foto istimewa suara.com

Di momen perayaan Lebaran, banyak sajian-sajian yang dihidangkan mulai dari opor ayam, ketupat, sambal goreng kentang, rendang dan aneka kue kering lainnya. Terkadang kita kalap untuk memakannya dan tidak sadar kolesterol dalam tubuh menjadi naik.

Tubuh tetap membutuhkan kolesterol dalam jumlah tertentu, namun bila berlebihan tentumya bisa berdampak negatif. Jika kolesterol tinggi bisa menimbulkan penebalan dan penyempitan dinding pembuluh darah sehingga risiko serangan jantung pun akan meningkat.

Ada beberapa cara mudah untuk menurunkan kolesterol. Berikut cara mudah turunkan kolesterol yang bisa disimak.

Mengonsumsi makanan yang memiliki lemak jenuh seperti makanan dari hewani, kulit unggas, produk susu, dan daging merah jika dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL). Bila ingin membatasi konsumsi lemak jenuh, dapat mencoba menu diet mediteranian, yaitu seperti membatasi konsumsi daging merah saat Lebaran.

Kemudian kurangi menu makanan yang diolah dengan cara digoreng. Makanan jenis ini umumnya mengandung lemak trans yang lebih berbahaya dari lemak jenuh. Apalagi jenis makanan ini bisa menurunkan kadar kolesterol baik.

Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan serat serta vitamin untuk mempertahankan berat badan tetap normal. Hal ini akan membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah tetap normal dan risiko sakit jantung pun menurun.

Setelah makan banyak selama Lebaran, jangan lupa juga untuk melakukan aktivitas fisik agar dapat meningkatkan kolesterol baik dalam darah. Luangkanlah waktu sekitar 30-40 menit untuk berolahraga ringan seperti mencoba jogging, sepeda, atau berenang. Terlepas apakah Anda memiliki tubuh gemuk atau pun tidak, olahraga akan membantu jaga kadar kolesterol pada angka normal.

Persoalan kolesterol tidak bisa dianggap remeh dan sebaiknya ditangani sedini mungkin. Jangan luput untuk memeriksakan kadar kolesterol dalam tubuh di klinik atau rumah sakit terdekat. (Red)

 

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini