Beranda Gaya Hidup Tips Menghemat Daya Baterai Smartphone Saat Mepet

Tips Menghemat Daya Baterai Smartphone Saat Mepet

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Daya ponsel yang hemat adalah dambaan kita semua. Apalagi ketika ada acara penting dan disaat yang sama kamu harus menjaga ponsel tetap menyala.

Berikut ini paling penting untuk diingat adalah empat hal yang bisa membantu baterai selalu hemat seperti dilansir detik.com.

1. Perhatikan ‘Pengaturan’ pada ponsel

Paling awal adalah dengan mengaktifkan mode low-power yang ada pada iPhone dan Android. Kalau di Android ini biasa disebut dengan fitur ‘battery saver mode’. Mode ini akan memodifikasi pengaturan notifikasi, layar, dan penggunaan CPU yang bisa mengurangi konsumsi daya.

Pastikan kamu juga mematikan fitur seperti Bluetooth, WiFi dan GPS. Ketika di rumah atau tempat ber-WiFi matikan mobile data dan beralih menggunakan WiFi yang bisa lebih menghemat baterai.

2. Atur brightness

Setiap kali memegang ponsel tentu saja ada layar yang menyala dan memakan daya. Karenanya, mengurangi level kecerahan pada layar bisa membantu banyak untuk menghemat baterai.

Jika ponsel Anda memilikinya, matikan pengaturan kecerahan adaptifnya yang membuat kecerahan layar akan berubah tergantung pada cahaya di sekitar Anda. Juga, kurangi jumlah waktu yang Anda miliki untuk menyalakan layar. Semakin cepat gelap layar, semakin sedikit baterai yang digunakan.

3. Awasi aplikasi yang ‘nyedot’ baterai

Aplikasi bisa menjadi hal yang membuat baterai cepat habis. Kamu bisa melihat ke pengaturan dan di menu baterai dan akan terlihat aplikasi mana yang paling menghabiskan baterai.

Beberapa aplikasi yang menyedot baterai cukup cepat ialah yang menggunakan internet dan juga layar serta kamera. Karena itu, Snapchat, Netflix, dan YouTube sementara jangan kamu gunakan dulu.

4. Pastikan ponsel tidak panas

Jangan gunakan ponselmu hingga panas karena suhu tinggi menekankan baterai dan membuatnya kehilangan kapasitas. Saat ponsel panas, kamu bisa menyalakan kipas untuk membantu meredakan panas. Jangan dimasukkan ke kulkas karena hanya akan membuat gawai kamu rusak.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini