Beranda Bisnis Tips Memulihkan Keuangan yang Sekarat Pasca Lebaran

Tips Memulihkan Keuangan yang Sekarat Pasca Lebaran

Ilustrasi - foto istimewa kumparan.com

Pasca Lebaran kondisi keuangan semakin menipis. Apalagi tanggal gajian masoh cukup lama. Lantas bagaimana mengatasi kondisi keuangan yang mulai tak sehat?

Perencana Keuangan Financial Consulting Eko Endarto mengatakan, di saat ada kebutuhan mendesak sementara keuangan sekarat yang bisa dicoba adalah menggadaikan barang. Tentu saja sewaktu-waktu barang tersebut bisa diambil kembali saat keuangan sudah membaik.

“Kalau dana cadangan pun nggak ada berarti alternatif harus cari dari luar, bisa gadai-in barang dulu nih ya,” katanya dilansir detik.com.

Menjajal bisnis sampingan juga tak ada salahnya dicoba sebelum terpaksa berutang. Hal yang paling mudah adalah menjual barang-barang pribadi yang sekiranya sudah tidak diperlukan.

“Kedua, misalnya mereka juga bisa bisnis sampingan mereka jalankan, misalnya barang-barang nggak kepakai bisa ditawarkan siapa tahu bisa kejual. Ketiga, baru utang kalau memang terpaksa, mau nggak mau,” jelasnya.

Terlepas dari itu, agar masyarakat lebih memiliki persiapan dan tidak kelabakan setelah lebaran, memang cara paling aman adalah menyiapkan dana cadangan sebelumnya. Dengan begini tak perlu khawatir kehabisan uang saat lebaran.

“Pasti dengan (dana) cadangan dulu itu digunakan untuk kewajiban misalnya bayar listrik, terus bayar sekolah anak dan sebagainya,” tambahnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini