Beranda Gaya Hidup Tips Meminta Izin Orangtua Saat Ingin Traveling

Tips Meminta Izin Orangtua Saat Ingin Traveling

124
0
Ilustrasi - foto istimewa liputan6.com

Kegiatan traveling lagi hits banget di kalangan anak muda. Traveling jadi sarana untuk melepas penat atas kesibukan sehari-hari.

Namun bagaimana jika rencana traveling terbentur dengan izin orangtua? Apalagi kalau kamu anak perempuan yang notabene lebih dijaga dan dikhawatirkan?

Nah, supaya rencana travelingmu gak sekedar wacana, berikut ini 6 tips yang bisa dicoba supaya ortumu luluh dan memberi izin.

Khusus kamu anak cewek yang baru pertama kali traveling, simak baik-baik tips seperti dilansir IDN Times ini.

1. Sebelum minta izin, ciptakan image baik pada dirimu sejak jauh-jauh hari

Sebelum minta izin, penting banget untuk menciptakan image baik pada dirimu jauh-jauh hari.

Beberapa bulan sebelum pergi, kamu harus jadi anak baik di rumah. Misalnya bantu-bantu ibu untuk melakukan pekerjaan rumah, atau menemani ayah mancing saat akhir pekan. Lakukan kebiasaan ini dengan rutin sehingga kesan anak baik melekat pada dirimu.

Nah, sampai tiba hari minta izin, perbuatan baikmu selama ini bisa jadi pertimbangan untuk orangtua.

2. Jelaskan dengan detil rencana liburanmu dan siapa saja yang ikut pergi

Berikutnya, jelaskan pada orangtua detail rencana liburanmu. Beritahu mereka tempatmu menginap, wisata yang akan dikunjungi serta nomor kontak teman-teman yang ikut pergi.

Jangan sesekali berbohong, dengan begitu orangtua tak perlu was-was karena mengetahui jelas rencana perjalanan liburan kamu.

3. Traveling tak sekedar jalan-jalan, yakinkan ortu kalau pergi traveling bisa menempa mentalmu jadi mandiri

Yakinkan orangtuamu kalau rencana travelingini tak sekedar jalan-jalan biasa. Dengan traveling, mentalmu bisa dilatih supaya jadi cewek yang lebih mandiri.

Kamu akan dihadapkan dengan situasi yang berbeda dan belajar menemukan solusi saat masalah terjadi. Selain mandiri, kamu juga belajar bagaimana caranya bekerja sama dengan baik.

4. Perhatikan situasi dan kondisi sebelum minta izin. Pastikan mood ortu lagi baik

Sebelum minta izin, pastikan dulu kalau kondisi rumah sedang ceria dan gembira. Perhatikan mood orangtua supaya izin pergi bisa didapat dengan mudah.

Jelaskan dengan baik alasan kamu ingin traveling. Harus diingat, jangan pernah merengek ya. Kalau minta izin dengan merengek, bukan restu yang di dapat, tapi malah omelan dari orangtua.

5. Kalau izin sudah di tangan, jaga kepercayaan ortu yang telah diberikan

Nah, ini yang paling penting, semua adalab tentang menjaga kepercayaan. Karena kamu anak perempuan, nasehat dan wejangan orangtua pasti lebih panjang dibanding anak cowok.

Jangan sesekali menyalahgunakan kepercayaan orangtua yang sudah diberikan, supaya mereka tahu kalau kamu memang anak yang bisa dipegang kata-katanya.

6. Bawa oleh-oleh untuk orangtua saat pulang nanti

Saat pulang, jangan lupa bawa oleh-oleh untuk orangtuamu. Setidaknya kamu bisa membagi rasa senang travelingmu dengan bawa buah tangan untuk mereka. Jadi kalau kedepannya ingin minta izin lagi, kamu bisa lebih mudah mendapatkannya.

Nah, itu dia tips minta izin ke orangtua untuk pergi traveling. Oh iya, supaya lebih afdol, jangan lupa berdoa dulu sebelum minta izin. Semoga aja hati mereka bisa lebih cepat luluh. Selamat mencoba, girls. (Red)