Beranda Peristiwa Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat dan Sesuai Syariat

Tips Memilih Hewan Kurban yang Sehat dan Sesuai Syariat

Peternak Dompet Dhuafa - foto istimewa

JAKARTA – Mendekati hari raya Idul Adha, persiapan yang dilakukan jelas tak akan jauh dari ibadah dan hewan kurban yang akan digunakan. Tidak sedikit titik-titik penjualan hewan kurban yang sudah bermunculan untuk menyediakan hewan sesuai dengan syarat.

Berikut syarat hewan kurban yang dapat dijadikan acuan. Perlu diperhatikan bahwa syarat ini berlaku untuk hewan kurban yang merupakan binatang ternak, seperti unta, sapi, kambing, atau domba.

Usia yang Ideal

Untuk usia hewan kurban sendiri wajib mencapai usia yang telah ditentukan dalam syariat Islam. Secara umum, syarat usianya adalah sebagai berikut:

– Sapi, minimal berusia 2 tahun dan telah memasuki tahun ke-3
– Unta, minimal berusia 5 tahun dan telah memasuki tahun ke-6
– Domba, minimal berusia 1 tahun atau berusia 6 bulan bagi yang sulit mendapatkan domba berusia 1 tahun
– Kambing, minimal berusia 1 tahun dan sudah masuk tahun ke-2

Kondisi Hewan

Kondisi hewan yang akan dikurbankan harus sehat, tidak memiliki kondisi buta, sakit, pincang, atau terlalu kurus.

Bukan Hasil Curian

Syarat berikutnya adalah hewan kurban merupakan hewan dengan status kepemilikan yang jelas. Hewan kurban dianggap tidak sah jika didapatkan dari hasil mencuri milik orang lain. Hal lain yang membuat hewan tidak sah dikurbankan adalah merupakan hewan gadai atau hewan warisan.

Jenis Kelamin

Sebenarnya untuk jenis kelamin tidak tercantum secara jelas pada acuan yang digunakan. Namun demikian lebih baik jika hewan kurban yang digunakan adalah berjenis kelamin jantan, karena hewan jantan memiliki ukuran yang lebih besar dan daging yang lebih banyak.

Waktu Penyembelihan

Syarat hewan kurban selanjutnya adalah waktu penyembelihan. Waktu yang paling ideal adalah setelah salat Idul Adha, dan batas akhir penyembelihan hewan adalah terbenamnya matahari pada tanggal 13 Zulhijah.

Untuk mendapatkan hewan kurban yang ideal, tentu Anda harus melakukan pemilihan dengan cermat. Dari beberapa syarat di atas dapat diketahui kriteria apa yang diperlukan untuk memilih hewan kurban. Pertama harus sehat, kemudian pastikan hewan kurban memiliki nafsu makan yang baik, dan pilih tempat penjualan hewan yang bersih sehingga dapat terhindar dari bakteri atau risiko penyakit lainnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini