Beranda Gaya Hidup Tips Membiasakan Diri Gemar Membaca

Tips Membiasakan Diri Gemar Membaca

Ilustrasi - foto istimewa liputan6.com

MEMBACA buku adalah salah satu kegiatan yang bermanfaat bagi diri kita. Membaca buku dapat meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan keterampilan kita. Selain itu, membaca buku juga dapat membantu kita untuk lebih kreatif dan inovatif.

Untuk membiasakan gemar membaca buku, ada beberapa tips yang dapat kita lakukan, yaitu:

Kenalkan buku sedini mungkin

Buku dapat dikenalkan kepada anak sejak usia dini. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan buku bergambar atau buku cerita yang menarik bagi anak. Dengan begitu, anak akan mulai terbiasa dengan buku dan menganggap membaca sebagai kegiatan yang menyenangkan.

Berikan contoh

Orangtua adalah panutan bagi anak-anak. Oleh karena itu, jika ingin anak gemar membaca, orangtua harus memberikan contoh dengan membaca buku sendiri. Orangtua dapat membaca buku di depan anak, atau mengajak anak membaca buku bersama.

Pilih buku yang sesuai minat

Agar anak tidak cepat bosan, pilihlah buku yang sesuai dengan minat anak. Misalnya, jika anak menyukai hewan, pilihlah buku tentang hewan. Dengan begitu, anak akan lebih tertarik untuk membaca buku.

Buat kegiatan membaca menjadi rutin

Berikan waktu khusus untuk membaca buku. Misalnya, membaca buku sebelum tidur atau di akhir pekan. Dengan begitu, anak akan terbiasa membaca dan menjadikannya sebagai kegiatan yang rutin.

Berikan penghargaan

Berikan penghargaan kepada anak jika mereka berhasil menyelesaikan buku yang mereka baca. Misalnya, memberikan pujian atau hadiah. Dengan begitu, anak akan termotivasi untuk terus membaca.

Baca di tempat yang nyaman

Pilihlah tempat yang nyaman untuk membaca buku. Misalnya, di taman, di kamar, atau di perpustakaan. Dengan begitu, anak akan lebih menikmati kegiatan membaca.

Baca bersama teman atau keluarga

Baca bersama teman atau keluarga dapat membuat kegiatan membaca menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, anak juga dapat belajar dari teman atau keluarga yang lebih berpengalaman.

Bergabung dengan klub buku

Bergabung dengan klub buku dapat memberikan kesempatan bagi anak untuk berdiskusi. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News