Beranda Gaya Hidup Tips Membersihkan Noda Tinta pada Jari Usai Nyoblos Pemilu 2019

Tips Membersihkan Noda Tinta pada Jari Usai Nyoblos Pemilu 2019

Ilustrasi - foto istimewa Republika.co.id

Kamu sudah memberikan hak suara di Pemilu 2019? usai nyoblos biasanya, kamu diminta untuk mencelupkan salah satu jarimu pada botol tinta untuk menandakan sudah mengikuti proses pemilihan suara.

Tapi sudah sehari berlalu, noda tinta di jari kelingking belum juga pudar meski telah dibersihkan menggunakan sabun. Padahal hari ini promo jari kelingking untuk dapat diskon pun telah usai.

Sekilas, jari yang terkena noda tinta terlihat mengganggu. Sabun tidak cukup untuk benar-benar bisa menghilangkannya, berikut cara ampuh lain untuk menghilangkan noda tinta usai nyoblos dikutip dari detik.com.

1. Aseton

Para wanita sepertinya tidak asing dengan cairan yang satu ini. Biasa digunakan untuk menghapus cat kuku, aseton juga mampu lho memudarkan bekas tinta ungu yang belum hilang setelah nyoblos.

2. Pasta gigi

Pasta gigi mengandung baking soda yang mampu mengeluarkan bekas tinta dari permukaan kulitmu. Caranya, gosok bagian jari yang masih bertinta dengan kain yang sudah diberi pasta gigi dan bilas dengan air yang dingin.

3. Alkohol

Menghilangkan tinta di kulit biasanya akan lebih mudah dengan menggunakan alkohol. Cairan ini juga akan menluruhkan minyak bersama tinta, jadi pastikan untuk menggunakan pelembab kulit setelah menghapus tinta pada jari.

Caranya, tuang alkohol pada kapas dan gosokkan pada jari yang bertinta. Setelah itu, bilas dengan air dan sabun.

4. Hairspray

Kalau tidak punya alkohol, hairspray juga bisa menjadi pilihanmu. Hairspray memiliki kandungan alkohol tapi mungkin tidak terlalu banyak. Jadi, semprotkan hairspray ke jari yang masih bertinta berulang kali dan bersihkan dengan handuk bersih serta bilas dengan air.

5. Hand sanitizer

Kandungan alkohol di cairan pembersih tangan akan mampu hilangkan noda tinta. Sebelumnya, cuci tangan terlebih dahulu dan tuangkan cairan hand sanitizer pada jari. Lakukan secara berkala dan seka dengan handuk atau kain yang bersih. Selamat mencoba. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini