Beranda Kesehatan Tips Membedakan Minyak Goreng yang Baik dan Buruk

Tips Membedakan Minyak Goreng yang Baik dan Buruk

Ilustrasi - foto istimewa kumparan.com

SERANG –  Direktur Eksekutif Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) Sahat Sinaga menyatakan tips untuk membedakan mana minyak goreng yang bagus dan buruk kualitasnya.

Caranya, pertama Sahat mengatakan siapkan kertas minyak. Lalu lebarkan di atas wajan penuh minyak jaraknya 10 cm di atas minyak.

“Itu ambil kertas minyak lebarkan di atas wajan, jaraknya 10 cm di atas minyak,” ucap Sahat dikutip dari detik.com, Selasa (8/10/2019).

Lalu apabila saat dipanaskan banyak cipratan minyak yang menimbulkan bercak percik-percikan di kertas minyak, artinya minyak itu buruk kualitasnya.

Kalau itu dipanaskan dan banyak yang kecipratan ke kertas. Timbul bercak perciknya di kertas banyak, nah itu minyak jelek namanya,” ucap Sahat.

Sahat juga membagikan tips untuk menghemat penggunaan minyak goreng. Menurutnya, untuk menggoreng sesuatu tidak perlu harus sampai tenggelam.

Menurutnya secara teori, untuk menggoreng 100 gram, minyak yang dibutuhkan hanya 20 gram saja.

“Lalu satu lagi kalau mau goreng sesuatu itu jangan sampai tenggelam. Teorinya itu untuk goreng 100 gram, minyaknya 20 gram, 20% dari yang digoreng,” ucap Sahat.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini