Beranda Cinta Tips Komunikasi Hubungan Cinta LDR Supaya Tak Membosankan

Tips Komunikasi Hubungan Cinta LDR Supaya Tak Membosankan

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Hubungan cinta yang dijalani secara LDR sering kali membuat hubungan lama kelamaan jadi tak lagi seindah dulu. Yang biasanya Anda bisa langsung bertatap muka dan minta peluk ketika kangen, kini harus rela telan pahit hanya memandangi layar gawai untuk sebatas bertukar pesan, menelepon, atau video call.

Tak bisa disangkal memang bahwa nyatanya keintiman kontak fisik menjadi salah satu fondasi penting yang bisa menjaga keharmonisan sebuah hubungan asmara. Maka dari itu, tak sedikit pasangan LDR yang cepat berpisah karena merasa cintanya sudah mulai pudar oleh jarak dan waktu. Kalau sudah begitu, harus bagaimana?

Tidak mudah memang menjalani hubungan jarak jauh alias LDR, tapi bukan berarti tidak mungkin. Rasa bosan dan serba tidak yakin (insecure) juga termasuk wajar dialami oleh pasangan LDR. Kenyataannya, dua emosi negatif itu juga pasti pernah dialami oleh setiap pasangan yang saling berdekatan, kok!

Nah, jika Anda mulai merasa bosan LDR, coba dulu beberapa trik berikut daripada hati terus nelangsa karena dibebani hasrat ingin putus saja (padahal, sih, sebenarnya masih cinta). Berikut seperti dilansir hellosehat.com.

1. Coba cara komunikasi yang baru

Menjaga komunikasi adalah kunci paling utama dan paling penting dalam menjalin hubungan. Apalagi buat pasangan LDR. Selama masih ada internet, jalur komunikasi bukanlah halangan. Anda bisa chat setiap hari bahkan setiap saat dengan pasangan Anda.

Nah, cobalah cari cara lain yang lebih menyenangkan untuk bertukar pesan. Misalnya jika Anda setiap hari atau hampir setiap saat berbalas pesan singkat, cobalah kurangi intensitas chatting-an hanya jadi beberapa kali sehari saja. Cukup untuk sekadar memberi kabar pada pasangan Anda.

Lalu, akhiri rutinitas harian Anda dengan video call atau teleponan dengan si dia untuk saling bertukar cerita. Dari hal yang paling remeh, paling kocak, sampai yang paling menyebalkan di sepanjang hari  Anda berdua. Bertatap muka walau hanya lewat layar gadget bisa mengobati rasa rindu dan membangkitkan suasana hati Anda.

Cara unik lainnya adalah dengan berkirim surat layaknya sahabat pena zaman dulu. Surat memang sampainya akan lama di tempat tujuan, tapi tidak ada yang mengalahkan sensasi deg-degan selama menunggu dan ketika surat tercinta itu akhirnya datang. Belum lagi jika Anda sertakan cindera mata unik yang bisa mengingatkan dirinya pada Anda.

2. Jujur dengan pasangan Anda

Jujur adalah tips LDR yang juga sama pentingnya dengan komunikasi. Jujur dan katakan apa yang Anda rasakan selama menjalani hubungan jarak jauh itu penting.

Ceritakan apa pun yang membuat Anda bahagia selama menjalani LDR bersamanya sampai yang menggangu perasaan Anda, termasuk rasa bosan dan rasa cemburu yang tidak jelas penyebabnya.

Jelaskan apa yang Anda rasakan dan selanjutnya cari solusinya bersama.

3. Coba hal baru dengan pasangan

Meski terpisah oleh karak dan waktu, Anda tetap bisa melakukan banyak hal bersama pasangan Anda. Misalnya, menonton film yang sama, membaca buku yang sama, mendiskusikan berita yang sedang populer bersama, olahraga bersama, seks lewat video call, hingga hal-hal baru lainnya yang bisa dilakukan bersama-sama.

Dengan demikian, hubungan jarak jauh Anda dan pasangan tetap menyenangkan dan jauh dari kata bosan, seperti layaknya pasangan yang selalu berdekatan.

4. Rencanakan untuk bertemu

Tips LDR paling ampuh sebagai obat rindu adalah sebuah pertemuan. Jika memang jarak Anda dan pasangan hanya berbeda kota, kunjungilah pasangan Anda walau hanya sebentar.

Tidak perlu memastikan berapa lama waktu Anda dan pasangan harus bertemu, tetapi yang penting adalah momen pertemuannya.

Atau, Anda bisa merencakan bertemu di tempat terdekat dari Anda dan pasangan. Rencanakan kegiatan apa yang akan Anda dan pasangan lakukan saat bertemu nanti. Dengan begini Anda akan semakin semangat untuk menjalani hubungan jarak jauh ini. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini