Beranda Gaya Hidup Tips Hindari Gibah Saat Puasa Ramadan

Tips Hindari Gibah Saat Puasa Ramadan

588
0
Ilustrasi - foto istimewa merahmuda.com

Ibadah puasa bukan hanya menahan lapar dan haus, tapi juga menahan untuk tidak melakukan hal-hal yang buruk, membicarakan orang atau gibah.

Bukan hanya berdosa karena membicarakan orang lain, kebiasaan gibah atau gosip lama kelamaan akan menjadi bumerang karena orang tidak akan percaya lagi pada omongan kita. Dan bahkan kamulah yang bisa menjadi subjek gibah orang lain.

Gibah tentunya membawa dampak negatif bagi kesehatan mental. Agar tidak menjadi kebiasaan buruk di saat berpuasa, berikut cara mencegahnya seperti dikutip dari Psychology Today.

1. Berhenti dan ubah topik

Jika kamu dalam suatu obrolan dengan orang lain, dan orang tersebut mulai memasuki topik menggibah segera hentikan obrolan dan berpikirlah selama beberapa detik. Kemudian ubah topik baru.

Bila orang tersebut mencoba kembali pada menggibah, berikan tatapan tegas dan alihkan topik lain lagi.

2. Jangan berbisik

Jika sedang mengobrol di tempat umum, jangan sekali-kali berbisik dengan lawan bicaramu. Meskipun kamu tidak sedang membicarakan orang lain, itu akan menyinggung orang-orang yang ada di sekitarmu. Itu bisa memicu munculnya gibah.

3. Tinggalkan

Ada temanmu yang gemar sekali menggibah? Sudah kamu peringatkan namun ia masih saja melanjutkannya? Tinggalkan saja! Lawan bicara seperti itu merupakan toxic bagi dirimu sendiri.

Tapi setelah kamu tinggalkan bisa jadi kamulah yang menjadi subjek gibahannya. (Red)

Sumber : detik.com