Beranda Kesehatan Tips dan Saran Buat Kamu yang Ingin Cepat Hamil

Tips dan Saran Buat Kamu yang Ingin Cepat Hamil

Ilustrasi - foto istimewa MediaIndonesia.com

Resolusi hamil tidak hanya milik wanita yang baru menikah saja. Namun, bagi wanita yang sudah lama menikah dan pada tahun ini belum juga mendapat momongan atau pernah mengalami keguguran, tentu ingin cepat hamil lagi di tahun yang akan datang.

Lantas bagaimanakah caranya agar bisa cepat memiliki momongan? Karena itu, perhatikan beberapa hal berikut yang bisa Anda ikuti untuk resolusi hamil tahun baru seperti dilansir detik.com.

1. Perhatikan Asupan Makanan Bergizi

Hal pertama yang penting untuk diperhatikan adalah asupan makanan bergizi. Pastikan sumber makanan yang masuk ke tubuh Anda lengkap, baik karbohidrat, protein, lemak, sayur, buah, vitamin dan mineral. Hindari minum kopi yang dapat meningkatkan detak jantung dan merangsang sistem saraf.

Selain itu, dianjurkan mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mikrogram per hari. Asam folat adalah mikronutrien yang sangat penting dalam kehamilan. Kekurangan asam folat saat hamil, terutama di trimester pertama, dapat menyebabkan bayi mengalami cacat lahir.

2. Konsultasi ke Dokter

Calon ibu bisa berkonsultasi ke dokter kandungan agar mendapatkan anjuran yang tepat. Dari konsultasi tersebut, calon ibu bisa berkonsultasi soal banyak hal yang mempengaruhi kehamilan. Mulai dari riwayat kesehatan, siklus menstruasi, dan konsultasi genetik.

Kesiapan fisik calon ibu harus dipersiapkan karena organ reproduksi akan berubah saat hamil, bahkan aliran darah juga akan berubah. Calon ibu yang terlalu muda, terlalu kurus, dan gemuk tentu harus mengetahui risiko ini kalau dia hamil.

3. Cermati Masa Subur

Bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan, tentunya melakukan serangkaian cara untuk membuat program kehamilan itu berhasil. Salah satunya adalah dengan mengetahui kapan masa subur dan tidak subur.

Masa subur wanita (ovulasi) adalah saat menstruasi terjadi, maka sel telur (ovum) wanita akan mulai tumbuh dan berkembang di dalam rahim. Saat ovum sudah matang, rahim akan melepaskan ovum.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini