Beranda Pariwisata Tips Cegah Kantong Jebol saat Liburan

Tips Cegah Kantong Jebol saat Liburan

Ilustrasi - foto istimewa Viva.co.id

Meski kadang telah dipersiapkan dengan matang, beberapa kerap kali kebobolan ketika menghabiskan uang saat liburan.

Tanpa sadar, banyak orang mengeluarkan uang di luar perhitungan selama liburan. Padahal masih ada hidup yang harus dijalani setelah liburan usai.

Jangan khawatir, dilansir viva.co.id berikut ini beberapa tips saat liburan agar dompet tidak jebol bahkan bisa berhemat.

1. Carilah kegiatan gratis

Jika Anda melakukan sedikit riset, Anda akan melihat sering ada banyak aktivitas gratis di area tersebut. Lihatlah kalender komunitas untuk melihat apa yang sedang terjadi di kota saat Anda berada di sana. Lakukan tur sendiri untuk membiasakan diri dengan tujuan Anda.

2. Pesan kamar dengan kulkas / microwave atau area dapur

Meskipun beberapa orang mungkin tidak suka memasak saat berlibur, tidak ada salahnya untuk membuat sarapan sendiri. Kamar dengan microwave dan kulkas juga akan berguna untuk memanaskan sisa makanan.

3. Belanja di pasar dan toko lokal

Pasar lokal sering menurunkan harga makanan mereka menjelang akhir hari. Selain itu, berbelanja di toko-toko lokal memungkinkan Anda untuk mencicipi masakan lokal tanpa harus membayar harga restoran.

4. Sebelum memesan, perhatikan lokasi tempat menginap

Memastikan lokasi menginap akan memudahkan transportasi sekaligus menghemat biaya. Pilihlah tempat menginap yang mudah diakses oleh kendaraan umum atau dekat dengan halte bus

5. Bawa makanan ringan selama acara berlibur

Bagi yang membawa anak, tidak ada salahnya untuk membawa makanan saat berlibur. Beberapa anak sering membutuhkan makanan saat tengah berpergian agar tidak rewel. Membawa makanan ringan tentunya bisa menghemat pengeluaran tak terduga

6. Gunakan poin untuk menginap
Beberapa hotel dan maskapai memiliki sistem poin yang bisa ditukarkan secara gratis. Ketika bepergian, cobalah untuk secara eksklusif menginap di jaringan hotel-hotel yang memberikan poin dan menerbangkan maskapai yang sama untuk mengumpulkan poin. Hal ini tentunya bisa jadi keuntungan sendiri di lain hari.

7. Carilah kartu pariwisata

Tergantung pada jenis kartu, Anda dapat memperoleh tiket masuk gratis ke tempat-tempat wisata terpopuler, diskon di restoran dan toko-toko, pilihan-pilihan di tempat wisata yang sibuk, transportasi umum gratis, dan bahkan buku panduan gratis. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini