Beranda Kesehatan Tips Cara Merawat Rambut Agar Tidak Mudah Rontok

Tips Cara Merawat Rambut Agar Tidak Mudah Rontok

Ilustrasi - foto istimewa Grid.Id

Rambut sehat, lembut, dan tidak mudah rontok tentu jadi dambaan setiap orang. Sama halnya seperti kulit wajah, perawatan rambut dan kulit kepala juga perlu menjadi perhatian.

Tak harus selalu pergi ke salon atau menggunakan produk perawatan rambut (hair care) mahal, perawatan rambut juga bisa dilakukan dari rumah melalui treatment sederhana.

Pendiri Raa Foundation & Anahata Organics, Yogini, dan Mountaineer di India, Radhika Iyer Talati, seperti dilansir Suara.com membagikan beberapa praktik sehat yang dapat meningkatkan kesehatan rambut cukup dari rumah. Dikutip dari Times of India, berikut daftarnya.

1. Pijat kulit kepala dengan minyak

Mengoleskan minyak ke kulit kepala lalu dipijat lembut bermanfaat untuk menghidrasi kulit kepala dan juga memberikan nutrisi bagi rambut dan merangsang sirkulasi darah.

Dengan peningkatan sirkulasi darah di kulit kepala, rambut tumbuh lebih tebal dan lebih kuat. Sebelum setiap mencuci rambut, oleskan minyak ke rambut dan biarkan selama setidaknya 10 menit.

2. Minum air kayu manis dengan jeruk nipis setiap pagi

Kayu manis adalah bahan yang memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan usus. Penelitian modern membuktikan betapa pentingnya usus dalam hal kesehatan secara keseluruhan.

Minum air panas dengan kayu manis dan jeruk nipis di pagi hari membantu mengembangkan bakteri yang lebih sehat dan bermanfaat di usus. Dampaknya, akan membuat kulit lebih bercahaya dan rambut berkilau. Lakukan hal itu secara konsisten setidaknya selama 21 hari.

3. Cuci kulit kepala cukup seminggu sekali

Saat keramas, jangan mengabaikan kulit kepala. Tidak membersihkan kulit kepala bisa menimbulkan gatal-gatal, infeksi, atau ketombe. Rutinkan membersihkan kulit kepala seminggu sekali, kulit kepala akan terasa lebih sejuk dan kotoran berkurang secara signifikan.

Kulit kepala yang bebas kotoran dan polusi membuat rambut berkualitas lebih baik. Selain itu, akar rambut pun akan lebih kuat sehingga tidak mudah rontok.

4. Konsumsi makanan alami

Masukkan bahan-bahan alami yang baik untuk rambut dalam diet. Semakin banyak zat kimia yang dioleskan pada rambut dan kulit kepala, berisiko menghilangkan lapisan alami dan mikroorganisme yang baik.

Bahan-bahan alami lembut dan sangat efektif bila digunakan dengan cara yang benar. Hal ini tercermin dari seberapa baik nenek moyang kita mampu menjaga rambutnya. Beberapa bahan yang bagus untuk kesehatan rambut di antaranya, biji rami, kacang merah, kayu manis, methi, ghee dan biji chia.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ