Beranda Sosial dan Budaya Tips Buat Jemaah Haji Agar Tak Tersesat di Masjid Nabawi

Tips Buat Jemaah Haji Agar Tak Tersesat di Masjid Nabawi

53
0
Ilustrasi - foto istimewa radarlombok.com

 

MADINAH – Tidak sedikit jemaah Indonesia yang tersesat setelah menunaikan ibadah di Masjid Nabawi. Dari tahun ke tahun, persoalan terulang dikarenakan hal yang sama. Bagaimanakah agar tidak tersesat saat berada di Masjid Nabawi?

Kepala Seksi Perlindungan Jemaah, Maskat Ali Jasmun, menyampaikan beberapa hal yang dapat dilakukan agar jemaah tak tersesat. Hal ini disampaikan Maskat kepada Media Center Haji 2018, Minggu (22/7/2018) kemarin.

Simak, berikut tips-tipsnya:

1. Membawa kartu hotel
Pada kartu hotel terdapat nama hotel, alamat, dan peta rute hotel tersebut. Apabila jemaah kesulitan berbahasa Arab, bisa memperlihatkan kartu hotel tersebut untuk menunjukkan letak hotelnya. Dan kartu hotel bisa sangat membantu petugas mencarikan hotel.

2. Mengingat tanda-tanda di hotel atau mesjid
Saat jemaah meninggalkan hotel, ada baiknya mengingat bangunan hotel. Ambil foto bila perlu agar mudah mengingatnya. Begitu pula saat di masjid, cari tulisan-tulisan yang mudah diingat sebagai penanda bahwa tempat tersebut pernah dilalui.

3. Tetap berkelompok jika bepergian
Keluar bersama-sama teman atau rombongan akan membuat lebih aman. Jika tersesat bersama, paling tidak terhindar dari penipuan dan bisa berdiskusi, sama-sama mengingat.

4. Masuk-keluar di pintu yang sama
Jika masuk dari pintu 7, usahakan keluar lewat pintu 7 juga agar mudah mencari jalan pulang menuju hotel.

5. Cari petugas haji Indonesia
Carilah petugas jika tersesat, jangan ke orang lain. Apalagi orang tersebut bukan jemaah ataupun petugas. Banyak penipuan bermodus pura-pura kenal hingga akhirnya barang bawaan jemaah diambil kemudian jemaah ditinggalkan. Pastikan petugas PPHI yang resmi, pasti akan dibantu dan bisa diantarkan sampai ke hotel.

6. Kembali ke masjid jika bingung
Jika sulit menemukan pintu masuk yang sudah ditandai dan tidak menemukan petugas di luar masjid, kembalilah ke masjid. Tunggu sampai ada petugas yang berkeliling. Jangan pernah mau diajak orang lain demi keselamatan.

7. Hampiri pos-pos di Masjid Nabawi
Di beberapa pintu Masjid Nabawi, terdapat pos-pos petugas, yaitu pintu 6, 15, 21, 25, dan 37. Jika tersesat, datangilah petugas di pos-pos tersebut, mereka siap membantu.

8. Membawa alat komunikasi
Alat komunikasi sangat penting. Jika tersesat, bisa menghubungi kerabat atau teman-teman yang berada di hotel.(Red)