Beranda Gaya Hidup Tips Berpuasa Ramadan Supaya Lancar Sebulan Penuh

Tips Berpuasa Ramadan Supaya Lancar Sebulan Penuh

Ilustrasi - foto istimewa tribunnews.com

SERANG – Ramadan sudah di depan mata. Ya, Bulan Suci Ramadan adalah bulan spesial bagi umat Islam di seluruh dunia, termasuk Indonesia di mana masyarakat muslim diwajibkan untuk puasa. Puasa selama bulan Ramadan melibatkan tidak makan atau minum air antara matahari terbit dan terbenam selama sebulan penuh.

Tak hanya berpuasa, di bulan suci ini umat muslim juga dianjurkan untuk mengamalkan ibadah sunah serta belajar lebih banyak tentang agama. Tentunya, agar puasa dan amalan ibadah lainnya berjalan lancar, komitmen dan kemauan besar sangat dibutuhkan.

Berikut beberapa tips untuk mendukung puasa tetap aman, lancar, dan sukses selama Ramadan melansir suara.com (jaringan BantenNews.co.id).

1. Jangan melewatkan sahur

Hanya ada dua kesempatan untuk makan selama Ramadan: di pagi hari sebelum matahari terbit (sahur) dan setelah matahari terbenam di malam hari (buka puasa).

Banyak orang melewatkan sahur, entah karena tidak nafsu makan atau sulit bangun dari tidur. Padahal, sangat penting untuk tidak melewatkan sahur.

“Sering kali orang beralih ke karbohidrat sederhana untuk sahur. Tapi karbohidrat sederhana tidak akan memberikan energi jangka panjang,” kata Nazima Qureshi , RD, MPH dan penulis The Healthy Ramadan Guide.

Sebagai gantinya, dia merekomendasikan makan biji-bijian yang dipadukan dengan lemak dan protein sehat serta buah-buahan dan sayuran.

2. Hidrasi

Air minum sangat penting dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan .

Tidak cukup minum air bisa berakibat suasana hati yang buruk dan kelelahan meningkat. Ini dapat mempengaruhi tingkat energi dan penyimpanan.

Maka dari itu, gunakan waktu sebelum matahari terbit dan setelah matahari terbenam sebagai kesempatan untuk menghidrasi kembali dan memenuhi asupan air yang disarankan.

Memperhatikan makanan yang Anda makan juga dapat membantu. Meskipun makanan manis selama Ramadhan bisa sangat menggoda, cobalah untuk memilih makanan dengan kandungan air yang tinggi seperti semangka, blewah, tomat, dan mentimun.

3. Perhatikan porsi makan

Buka puasa adalah waktu yang dinanti-nanti. Tapi bukan berarti setelah seharian tidak makan dan merasa lapar, Anda boleh langsung balas dendam dengan makan berlebihan saat buka puasa. Ini dapat menyebabkan kelelahan di pagi hari dan penambahan berat badan selama sebulan.

Qureshi menganjurkan berbuka puasa dengan makan kurma, buah, dan minum air. Dia merekomendasikan untuk berhenti sejenak dan menyelesaikan doa malam sebelum menyantap makanan berat.

“Gula alami dari buah akan memungkinkan tubuh Anda mencatat bahwa Anda telah makan. Anda tidak akan merasa kelaparan, dan Anda cenderung tidak makan berlebihan,” kata Qureshi.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini