Beranda Kesehatan Tips Berhenti Merokok Total Saat Puasa Ramadan

Tips Berhenti Merokok Total Saat Puasa Ramadan

Ilustrasi - foto istimewa restofocus.com

Cukup berat bagi orang-orang yang terbiasa merokok usai makan untuk tiba-tiba berhenti. Namun tak ada salahnya bila kamu juga berniat untuk berhenti merokok di bulan Ramadhan ini.

Merokok memang mudah membuat orang kecanduan meski banyak juga yang menyadari akan bahaya yang bisa ditimbulkan dari merokok.

Dikutip dari detik.com, para perokok berat yang memutuskan untuk berhenti total di bulan Ramadhan bisa mengalami gejala withdrawal 3-5 hari sejak berhenti. Gejala yang muncul seperti mudah marah, emosi, dan kesulitan berkonsentrasi.

Selain itu, pasti mereka akan kesulitan menahan rasa ingin merokok usai berbuka puasa dan rasa ingin makan berlebihan yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Walau begitu, bulan Ramadhan justru waktu yang tepat untuk berhenti merokok

“Sebagai tambahan dalam aspek berpuasa, fakta bahwa kebanyakan orang benar-benar mengontrol rokok selama 14 jam adalah bukti fakta bahwa mereka bisa mencoba dan akhirnya berhenti merokok seterusnya. Waktu berpuasa yang panjang dan lama dapat menurunkan kadar nikotin dalam darah sehingga mempermudah mereka untuk berhenti,” terang Dr Mustafa Saif, spesialis penyakit dalam di Uni Arab Emirat.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar kamu bisa berhenti merokok total pada bulan suci ini:

1. Ganti makan-makanan tidak sehat saat berbuka puasa dengan pilihan yang lebih sehat seperti sayuran; wortel, timun dan makanan berserat lainnya untuk mencegah konsumsi karbohidrat yang berlebihan.

2. Mulai makanan berbuka dengan sup agar lebih kenyang dan hindari makanan yang kaya karbohidrat

3. Jadikan berhenti sebagai resolusi yang paling kuat sehingga tidak bisa tergoyahkan oleh hal yang lainnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini