Beranda Gaya Hidup Tips Beradaptasi untuk Kamu yang Baru Mulai Bekerja

Tips Beradaptasi untuk Kamu yang Baru Mulai Bekerja

Ilustrasi - foto istimewa rimma.co

Saat menjadi karyawan baru ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Bukan hanya skill atau keahlian di bidang pekerjaan yang digeluti tapi juga kemampuan untuk beradaptasi pun amat sangat dibutuhkan.

Sebab siapapun ingin bekerja di bidang yang disukai dalam waktu yang lama. Bertahan dan berkembang menjadi profesional. Tidak harus kamu yang memang memiliki kepribadian ceria atau ekstrovert yang bisa dengan baik beradaptasi pada lingkungan kerja baru.

Namun sekalipun kamu berkepribadian introvert, kamu memiliki kesempatan yang sama untuk bisa beradaptasi dengan baik di lingkungan barumu. Misalnya saja,

1. Jalin pertemanan dengan semua orang

Bekerja di tempat yang baru membuat kamu akan bertemu dengan banyak orang baru. Senior, rekan kerja, atasan, bahkan mereka yang berbeda divisi atau departemen pun akan menjadi rekan kerja atau teman yang akan bersama kita dalam waktu yang lama.

Berinteraksi dengan mereka membawa banyak keuntungan untukmu. Bukan hanya mendapatkan banyak teman baru, kamu pun bisa mendapatkan banyak ilmu baru dari mereka. Jangan ragu atau jangan malu untuk berkomunikasi dengan rekan kerjamu.

2. Jangan ragu untuk bertanya banyak hal

Sebagai anak baru ada banyak hal yang harusnya kamu persiapkan. Dalam hal pekerjaan ada banyak hal yang tidak kamu tahu. Belajar sendiri memang sudah menjadi kewajiban dan kebutuhanmu. Tapi kamupun bisa bertanya dan meminta bantuan dari rekan kerjamu.

Tanyakan apa yang tidak kamu ketahui. Mintalah panduan atau arahan dari mereka yang terbiasa melaksanakan pekerjaan itu. Jangan malu dan gengsi untuk bertanya. Jika butuh bantuan, katakan saja. Jangan selalu ditutup-tutupi. Kamu membutuhkan mereka sama halnya mereka yang akan membutuhkan bantuanmu.

3. Jangan terlalu banyak mengeluh

Sebagai anak baru, kamu mungkin akan melihat banyak hal baru di luar ekspektasimu sebelumnya. Ada banyak hal yang bisa saja tidak sesuai harapanmu. Mulai dari pekerjaan yang tidak kunjung usai, hingga lingkungan yang kamu kira santai dan menyenangkan, nyatanya sangat menegangkan.

Meski kamu tahu semua tak sesuai ekpektasimu, jangan terlalu banyak mengeluh. Terimalah apa yang ada. Jika dirasa hal itu salah, katakan mana yang salah dan usulkan perbaikannya. Jika kamu merasa hal itu benar namun kamu masih merasa tidak nyaman, maka bersabarlah untuk terus beradaptasi di dalamnya.

4. Belajarlah membaca setiap situasi

Di dunia kerja, ada banyak situasi baru yang mungkin akan sangat menyulitkanmu. Kamu membutuhkan banyak waktu untuk beradaptasi dan menemukan solusi atau tindakan yang pas untuk itu. Jangan menyerah, kondisi ini tidak akan memperburuk apapun kondisimu. Kamu hanya akan menjadi lebih kuat lagi.

Bahkan dari banyaknya situasi ini, kamu bisa semakin peka dan lebih mudah membaca situasinya. Kamu akan semakin mudah menentukan tindakan yang akan kamu lakukan. Tentu saja tidak akan selalu mudah dan berakhir bahagia. Tapi setidaknya kamu telah mencoba melakukan yang kamu mampu.

5. Milikilah mimpi dan tujuan yang jelas

Bertahan di dunia kerja bukan hanya tentang sikap atau perilaku dan mental kita saja. Tapi bagaimana kamu bisa beradaptasi terhadap lingkungan namun tetap fokus pada mimpi dan tujuan hidupmu. Tentu saja hal ini harus tuntas kamu pikirkan saat kamu masuk kerja. Ingin apa, mau apa, akan kemana?

Meski pada kenyataannya kamu akan banyak menemukan halangan dan rintangan di dalamnya. Namun jika kamu fokus, kamu akan lebih mudah mengatasi tantangan itu. Tetapkan tujuanmu, fokuslah pada mimpimu. Sekalipun akan berubah atau bertambah kamu tidak akan bingung dengan apa tujuan awalmu. (Red)

Sumber : IDN Times

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini