Beranda Gaya Hidup Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Libur Akhir Tahun

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Libur Akhir Tahun

Ilustrasi - foto istimewa medium.com

TANGERANG – Libur akhir tahun telah tiba, waktunya kamu menikmati momen kebersamaan dengan keluarga atau teman-teman untuk pergi berlibur. Mempersiapkan libur akhir tahun tentu sangat menyenangkan. Tapi jangan lupa untuk tetap memperhatikan keamanan rumah ketika kosong. Pasalnya, keamanan rumah tetap menjadi prioritas, apalagi kamu yang memperpanjang libur Natal sampai Tahun Baru.

Yuk, intip apa saja yang perlu diperhatikan agar rumah kosong tetap aman selama kita berlibur.

1. Pastikan semua pintu dan jendela terkunci

Ini adalah hal utama yang harus diperhatikan ketika hendak bepergian. Bukan hanya pintu-pintu yang harus dikunci, kadang jendela lupa untuk ditutup. Hati-hati! Sekecil apa pun celah jendela yang kamu buka, itu dapat memancing pencuri untuk masuk ke dalam! Sebaiknya tambahan gembok di area pagar rumah untuk memastikan keamanan rumah.

2. Nyalakan lampu

Menyalakan kampu jalan dan lampu di beberapa ruangan dapat menjadi penanda bahwa “ada orang di rumah”. Meskipun terkesan boros karena lampu menyala tanpa ada penghuni, hal ini cukup efektif untuk menandakan bahwa ada kehidupan di dalam rumah. Kamu juga bisa memilih penggunaan smart lighting yang bisa dikontrol melalui sistem jarak jauh hanya menggunakan smartphone. Pasalnya, rumah kosong yang ditinggalkan dalam keadaan gelap sangat rawan kemasukan penjahat.

3. Pastikan semua barang berharga sudah diamankan

Jika kamu memiliki benda yang cukup berharga, seperti surat tanah, koleksi emas atau perhiaran, serta uang tunai di dalam rumah, pastikan semua terimpan dengan aman. Jangan letakkan sembarangan, jika perlu milikilah brankas yang dipasang kode pengaman. Sembunyikan sebaik yang kamu bisa, di tempat yang tidak akan diduga oleh orang selain kamu dan keluarga.

4. Cabut semua aliran listrik dan tabung gas

Tips ini cukup penting karena hal ini barangkali bukan memicu adanya pencurian, tetapi tetap membahayakan keamanan rumah mu. Cukup sering kasus ini terjadi, dengan itu lebih baik mencegah dengan memastikan berulang kali seluruh aliran listrik telah dicabut begitu juga dengan tabung gas. Selain aman langkah ini dapat menghemat pengeluaran listrik selama kami tidak di rumah.

5. Nyalakan alarm dan CCTV

Jika rumah mu memiliki sistem pengamanan yang baik seperti alarm dan CCTV. Pastikan keamananya ketika hendak bepergian. Periksa kembali sambungan kabelnya, arahkan CCTV ke tempat yang sekiranya tertutup dari pandangan. Koneksikan CCTV dengan ponsel pintar mu, pastikan semua terhubung dengan baik sehingga dapat meninggalkan rumah dengna tenang.

6. Beri tahu tetangga bahwa kamu bepergian

Apakah tetanggamu ada yang tidak bepergian selama musim liburan ini?. Jika iya, pastikan kamu memberitahunya soal kepergianmu. Selain untuk mempererat silaturahmi, tetangga adalah orang terdekat yang dapat kamu percaya untuk menjaga rumahmu. Jika perlu, titipkan kunci serep kepadanya apabila kami merasa lebih aman dengan cara begitu.

Bukan mau menakut-nakuti, tetapi tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi pada rumahmu selama kamu bepergian meninggalkannya. Apalagi dalam waktu yang lama seperti libur akhir tahun. Jangan sampai perjalananmu terganggu dengan rasa khawatir dan was-was yang berlebihan, lho. Pastikan saja kamu sudah melakukan semua tips yang disebutkan di atas.
Semoga perjalanan liburan mu menyenangkan!

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini