Beranda Pariwisata Tips Aman dan Nyaman Liburan ke Negeri di Atas Awan Lebak

Tips Aman dan Nyaman Liburan ke Negeri di Atas Awan Lebak

568
0
Wisata "Negeri Diatas Awan” di Kabupaten Lebak ini lagi hits. Sebutan itu populer oleh para wisatawan yang pernah berkunjung ke salah satu objek wisata alam Gunung Luhur di Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak

LEBAK – Kawasan wisata Negeri di Atas Awan Lebak masih ngehits. Sebab, pemandangan khas Negeri di Gunung Luhur, Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber begitu memesona,

Selain memang letaknya dekat Jakarta. Masih dalam bagian dari Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, kamu bisa menikmati sejuknya udara di puncak gunung sambil berburu momen sunrise, lho.

Banyak wisatawan yang rela datang pagi-pagi buta buat menyambut momen sunriseyang begitu menawan. Kabut tebal yang kerap menyelimuti kawasan ini memberikan atmosfer yang berbeda buat kamu dan orang terdekat.

Tapi, banyak yang mengeluhkan medan yang harus ditempuh. Apalagi, kawasan wisata ini masih dalam proses pengembangan. Sehingga, banyak fasilitas yang belum berfungsi maksimal.

Nah, biar tetap aman dan nyaman, berikut tips seru liburan ke Gunung Luhur, Lebak buat kamu dan keluarga. Simak. Berikut seperti dikutip dari pegipegi.com.

1. Berangkat Tengah Malam

Untuk mencapai lokasi Gunung Luhur, kamu harus berkendara selama 2,5-3 jam dari Jakarta ke Citorek Kidul, Lebak. Gunakan rute paling cepat, melalui Cipanas atau Bogor-Jasinga. Dengan estimasi perjalanan 3 jam, kamu bisa sampai di kawasan Gunung Luhur sekitar pukul 4 pagi. Nah, biar santai, kamu bisa mulai mendaki ke puncak untuk menikmati sunrise mulai pukul 5 pagi. Sehingga, momen sunrise yang cantik bisa kamu nikmati puas.

2. Jangan Saat Weekend

Lantaran masih dalam proses pengembangan, kawasan wisata Gunung Luhur belum terlihat sempurna. Lahan parkirnya pun terbatas. Ditambah dengan animo warga yang besar membuat Gunung Luhur terasa padat tiap kali weekend tiba.

Nggak heran, kemacetan bakal mengular parah sepanjang hari di Gunung Luhur. Jadi, ada baiknya kamu rencanakan perjalanan ke Gunung Luhur di weekdays saja! Itung-itung menghabiskan jatah cuti kamu atau sekedar refreshing sejenak dari rutinitas.

3. Kendaraan Harus Layak Jalan

Medan terjal harus dilalui setiap kendaraan yang ingin ke Gunung Luhur. Kontur jalan yang menanjak dengan lapisan tanah merah bakal menyulitkan kendaraan yang nggak prima.

Jadi baiknya, pastikan kondisinya layak jalan. Seminggu sebelum main ke sana, kamu bisa melakukan tune-up kendaraan kamu di bengkel kepercayaan. Cek ketersediaan air radiator, kampas rem, selang bensin, hingga oli mesin.

Nah, apabila kondisi kendaraan sudah aman, jangan lupa cek perlengkapannya. Kamu nggak akan tahu masalah apa yang siap menghadang saat perjalanan mudik. Entah ban bocor atau mesin bermasalah, kamu wajib membekali diri dengan perlengkapan seperti dongkrak hingga beragam kunci.

3. Aktifkan GPS atau Bawa Peta

Untuk main ke sini, memang nggak banyak rambu atau petunjuk yang bisa menuntun akam. Jadi, biar makin aman dan mudah, bekali diri kamu dengan peta atau GPS di smartphone. Lantaran teknologi sudah berkembang, kamu bisa install Google Maps atau GPS seperti Waze di gadget kamu.

4. Bawa Tenda Jika Ingin Kemping

Kalau sudah main ke Gunung Luhur, belum lengkap kalau nggak kemping. Di puncak Gunung Luhur, terdapat beberapa area luas buat kamu mendirikan tenda, lho. Mengingat jumlah tenda yang disewakan warga terbatas, ada baiknya kamu bawa sendiri dari rumah. Jika tenda nggak cukup, sleeping bag juga bisa kamu manfaatkan.

5. Bawa Jaket Tebal

Cuaca yang ekstrim dapat memperlambat akselerasi kamu saat mendaki Gunung Luhur. Nah, dibutuhkan jaket gunung untuk menghangatkan tubuh. Model jaket gunung hybrid ternyata lagi beken di kalangan pendaki. Dengan bahan fiber sintetis di luar agar cepat kering, jaket gunung yang baik memiliki lapisan wool di dalam untuk menahan hangat agar nggak mudah terlepas.

(Red)