Beranda Kesehatan Tips Agar Tubuh Tetap Prima Saat Berpuasa Ala Dinkes Cilegon

Tips Agar Tubuh Tetap Prima Saat Berpuasa Ala Dinkes Cilegon

Kepala Bidang Pemenuhan Upaya Kesehatan Perorangan dan Upaya Kesehatan Masyarakat Dinkes Cilegon, dr Febri Naldo. (Foto: Maulana/BantenNews.co.id)

CILEGON – Saat ini seluruh umat Islam di dunia tengah menjalankan ibadah puasa Ramadan. Ritual menahan lapar dan haus sejak matahari terbit hingga tenggelam itu tentu bukan perkara yang mudah.

Efek paling umum yang dirasakan banyak orang ketika sedang berpuasa adalah kondisi tubuh lemas, sehingga berdampak pada aktivitas keseharian yang terkadang terpaksa tidak optimal.

Kepala Bidang Pemenuhan Upaya Kesehatan Perorangan dan Upaya Kesehatan Masyarakat Dinkes Cilegon, dr Febri Naldo membeberkan tips agar kondisi tubuh tetap prima saat berpuasa.

“Yang pertama pola tidur. Minimal kita istirahat atau tidur 8 jam. Kemudian harus tetap beraktivitas, minimal olahraga 5-10 menit,” katanya kepada Bantennews.co.id, Rabu (13/3/2024).

Selain beristirahat yang cukup dan berolahraga, kata Febri, mengkonsumsi makanan yang tinggi protein, karbohidrat, mineral, dan vitamin saat makan sahur juga sangat penting untuk menunjang kondisi tubuh tetap prima saat berpuasa.

“Karena pada sahur ini harus makan makanan tinggi protein, karbohidrat, mineral, vitamin karena itu adalah cadangan energi diri kita pada saat berpuasa agar pada saat kita berpuasa tidak lemas dan kurang energi,” ujarnya.

Tak lupa, Febri juga mengingatkan saat berbuka puasa perlu adanya makanan atau minuman yang manis untuk pemenuhan gizi tubuh dan jangan sampai terlalu kenyang.

“Saat berbuka puasa jadi kalau bisa ditambahkan minuman tinggi glukosa, yang manis, teh manis atau kurma, baru selanjutnya makan secukupnya. Jangan makan terlalu kekenyangan karena itu tidak bagus,” tutupnya. (Mg-STT/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News