Beranda Gaya Hidup Tip Membuat Seblak Sehat

Tip Membuat Seblak Sehat

Salah satu menu favorit di Seblak Kuy, Perumahan Persada, Kota Serang. (Ade/Bantennews.co.id)

SERANG – Seblak, makanan asal Jawa Barat ini terkenal akan rasa pedasnya. Cara membuatnya yang sangat mudah membuat seblak menjadi makanan yang banyak disukai.

Untuk membuat seblak cukup menggunakan bahan dasar berupa kerupuk basah dan tambahan berbagai bumbu dan bahan, seperti mie, kwetiau, sayuran, dan ceker.

Bagi penggemar seblak, bisa loh membuat seblak yang lebih sehat dengan beberapa bahan yang bisa diganti.

1. Pakai minyak yang sehat

Untuk menumis bumbu seblak dengan sehat dan mengurangi kolesterol, pilih menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun. Hindari minyak kelapa sawit atau minyak goreng yang banyak mengandung lemak jenuh.

2. Perbanyak Sayuran

Tambahkan banyak sayuran untuk memberikan nutrisi tambahan. Selain sawi, bisa juga memakai wortel, kubis, kacang panjang, brokoli, atau paprika. Potongan sayuran yang lebih besar juga dapat memberikan tektur yang lebih renyah. Jangan merebus sayur terlalu lama agar vitamin dalam sayuran tidak hilang.

3. Pakai bumbu alami bukan instan

Hindari menggunakan bumbu instan atau yang MSG (monosodium glutamat). Sebagai gantinya, bisa menggunakan bumbu alami seperti bawang putih, bawang merah, jahe, merica, atau cabai untuk memberikan rasa dan aroma yang lezat.

4. Batasi garam

Gunakan garam secukupnya, bisa mengganti dengan garam himalaya atau garam laut yang lebih sehat. Seblak umumnya memiliki rasa pedas dan gurih, sehingga tidak perlu menambahkan terlalu banyak garam.

5. Sumber protein

Pilih sumber protein yang sehat seperti ayam tanpa kulit, tahu, tempe, atau telur. Hindari penggunaan daging berlemak tinggi atau daging olahan yang mengandung banyak bahan pengawet.

6. Jangan menggunakan mie instan

Kebanyakan seblak memakai mie keriting instan. Tapi untuk membuat seblak sehat, hindari penggunaan mie instan yang biasanya mengandung banyak pengawet dan bahan kimia tambahan.

Gantilah dengan mie jagung atau mie beras yang lebih sehat.

(Red)

 

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini