Beranda Pemerintahan Tinjau Tempat Relokasi Pasar Baros, Wabup Serang : Semuanya Harus Sudah Siap

Tinjau Tempat Relokasi Pasar Baros, Wabup Serang : Semuanya Harus Sudah Siap

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa beserta Camat dan OPD terkait meninjau tempat relokasi pedagang Pasar Baros di Desa Sukamanah, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang. Foto: Dok. Diskominfosatik Kabupaten Serang

KAB. SERANG – Wakil Bupati (Wabup) Serang Pandji Tirtayasa meninjau kondisi pasar sementara yang digunakan untuk menampung para pedagang Pasar Baros selama gedung lamanya dibangun. Tempat relokasi berada di Desa Sukamanah, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Banten.

Pandji mengatakan pengecekan tersebut untuk melihat sejauh mana kesiapan pasar sementara untuk digunakan oleh para pedagang pada 3 Januari 2023. Saat di lokasi, pihaknya menemui beberapa hal yang dinilai untuk segera dibenahi.

Hal itu diantaranya masih terdapat genangan pada jalan akses masuk mobil kemudian adanya sejumlah toilet yang belum dibangun.

“Tapi untuk buang air kecil saya minta dibangun untuk 10 orang atau 10 pintu. Kalau hanya 4 MCK (mandi cuci kakus), ribuan orang pedagang dan pembeli harus mengantre,” ujarnya, Kamis (22/12/2022).

Turut mendampingi dalam peninjauan tersebut yaitu Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Tata Bangunan (DPKPTB) Okeu Oktaviana, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Prauri, Sekretaris Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoumperindag) Shinta Asfiliani Harjani, Camat Baros Sri Rahayu Basukiwati, perwakilan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dan Dinas Perhubungan (Dishub).

Selanjutnya, Pandji juga meminta pihak DPKPTB untuk membuat gorong-gorong sebagai lintasan air saat hujan agar air tidak masuk ke pasar dan untuk bagian samping area pasar harus dipadati karena dikhawatirkan akan ambrol.

“Makanya saluran air tetap tolong dibenahi jangan sampai tidak punya jalur jadi mencari jalur sendiri maka masuk ke pasar. Kita juga cek kesiapan listrik, saya minta setiap kios ada akses colokan, termasuk lahan parkir itu cek persiapan akhir sebelum tanggal 3 ini semua sudah siap,” terangnya.

Sekretaris Diskoumperindag Kabupaten Serang Shinta Asfiliani Harjani mengatakan sebelum pedagang menempati pasar sementara, para pedagang harus mengikuti pengundian kios yang diperuntukan 345 pedagang.

Pengundian akan dilaksanakan oleh forum pedagang dengan membagi sesuai zona yakni zona basah dan zona kering.

“Untuk pengundiannya dimulai dari 21 sampai 27 Desember, 28 Desember sampai 3 Januari 2023 persiapan tempat, dan 4 sampai 13 Januari pemindahan. Jadi tidak ada penambahan atau pedagang baru,” kata Shinta. (Nin/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini