Beranda Gaya Hidup Tingkatkan Produktivitas, Begini Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Tingkatkan Produktivitas, Begini Cara Mengatasi Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Ilustrasi - foto istimewa kompas.com

SERANG – Kebiasaan menunda pekerjaan atau menunda janji temu disebut dengan prokrastinasi yang bisa sangat menganggu produktivitas dan mengacaukan rencana yang sudah disusun.

Berdasarkan survei besar 2019, ditemukan 88 persen orang kerap menunda pekerjaan atau tugas selama satu jam sebelum dikerjakan.

Mengutip suara.com (jaringan BantenNews.co.id), Sabtu (14/5/2022) berikut ini cara mengatasi kebiasaan menunda perkerjaan menurut terapis:

1. Cari Tahu Penyebab Menunda Pekerjaan

Dikatakan Terapis, Victor Smith jika kebiasaan menunda pekerjaan, terjadi baru-baru ini. Ia menyarankan melihat apa perubahan baru-baru ini yang terjadi di sekitar Anda.

Perubahan itu bisa berupa putus cinta, pindah rumah, punya bayi, hingga punya pekerjaan baru. Jika ini masalahnya, maka Anda harus bersabar dan beradaptasi dengan perlahan menyelesaikan semua tugas yang ada.

2. Ubah Cara Bicara dengan Diri Sendiri

Poin ini sangat penting, karena jika saat berbicara dengan diri sendiri Anda malah menghakimi, atau mencap ciri pemalas, maka kebiasaan menunda pekerjaan sulit dihilangkan.

“Tapi jika Anda menghormati diri sendiri, bahwa Anda butuh istirahat, dan hanya karena lelah, maka lebih mudah menghilangkan kebiasaan ini,” tutur Smith.

Sampaikan juga animasi positif, seperti saya bisa menyelesaikannya, saya mampu, dan saya yang memegang semua kendali diri saya.

3. Lepaskan Beban Ekspektasi

Ekspektasi terlalu tinggi, hanya akan menambah beban pikiran, yang kerap membuat semakin malas mulai mengerjakan tugas, dan malah menundanya.

Oleh karena itu Smith menyarankan untuk melepaskan beban, tapi targetkan kepada diri sendiri akan melakukan yang terbaik dengan kemampuan yang dimiliki.

4. Bagi Pekerjaan Jadi Target Kecil

Beban tugas yang besar memicu Anda menunda pekerjaan, sehingga solusinya adalah menetapkan target-target kecil, yang secara perlahan target dikerjakan satu per satu.

Caranya bisa dengan membuat daftar langkah yang perlu dilakukan untuk menyelesaikan proyek besar. Lalu buat batas waktu dari masing-masing target kecil itu.

5. Istirahat

Mengistirahatkan pikiran fisik dan pikiran bisa jadi salah satu cara efektif menemukan semangat baru untuk memulai pekerjaan, sehingga perlahan kebiasaan menunda pekerjaan akan memutar.

Jangan lupa juga untuk meluangkan waktu menjaga kesehatan, dengan makan dan minum yang cukup, untuk mengisi bahan bakar tubuh dan otak sehingga bisa kembali fokus.

(Red)