Beranda Pemerintahan Tingkatkan Pembangunan, Pemutakhiran Data Profil Kelurahan Ditekankan

Tingkatkan Pembangunan, Pemutakhiran Data Profil Kelurahan Ditekankan

Pemkot Cilegon melalui Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat (KESRA) menggelar acara bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan profil Kelurahan bagi aparatur Kecamatan dan Kelurahan Pemerintah Kota Cilegon

CILEGON – Pemkot Cilegon melalui Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat (KESRA) menggelar acara bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan profil Kelurahan bagi aparatur Kecamatan dan Kelurahan Pemerintah Kota Cilegon. Kegiatan ini diikuti sebanyak 102 orang peserta yang bertujuan untuk meningkatkan perkembangan desa dan Kelurahan yang akurat, komprehensif dan integral. Acara ini digelar di Hotel Greenotel Cilegon, Senin (20/8/2018).

Plh Sekda Kota Cilegon, Ratu Ati Marliati mengatakan, dalam rangka mengetahui gambaran potensi dan tingkat perkembangan desa dan kelurahan yang akurat maka perlu adanya susunan data profil desa dan kelurahan secara aktual dan valid.

“Penyusunan dan pendayagunaan data profil desa dan kelurahan sangatlah penting, karena aturan terebut akan menjadi pedoman dalam proses pemutakhiran data profil kelurahan, khususnya Kelurahan yang ada di Kota Cilegon,” terangnya.

Ati menyatakan bahwa dalam rangka percepatan pembangunan daerah dibutuhkan suatu data yang lengkap, aktual dan akurat.

“Profil desa dan kelurahan merupakan gambaran menyeluruh tentang karakter desa dan kelurahan yang meliputi data dasar keluraga, potensi sumberdaya alam, seumberdaya manusia, kelembagaan, prasarana dan sarana serta perkembangan kemajuan dan permaalahan yang dihadapi desa dan kelurahan, profil desa dan kelurahan juga terdiri atas data dasar keluarga, potensi desa dan kelurahan, dan Tingkat perkembangan Desa dan Kelurahan,” lanjutnya.

Ati juga memotivasi pemerintah daerah untuk menyusun, mendayagunakan dan memutakhirkan profl desa dan kelurahan agar dapat berkembang menjadi pusat data profil desa atau Kelurahan disetiap strata pemerintahan.

“Untuk menetapan prioritas pembangunan pemerintah daerah perlu menyusun perencanaan pembangunan agar tersedianya profil data desa dan kelurahan yang tersedia di setiap pusat data agar dapat menyusun, mendayagunakan dan pemutakhiran profil desa dan kelurahan,” ungkapnya.

Ati berharap pemutakhiran data ini dapat mengakselerasi percepatan progres penyusunan serta peningkatan penyediaan data dan pendayagunaan profil data kelurahan di Kota Cilegon.

“Saya harap melalui bimbingan teknis ini dapat mengakselerasi progres percepatan penyusunan dan pemutakhiran penyediaan data di Kelurahan Kota Cilegon supaya dalam upaya pengerjaan dapat berjalan lancar dan diharapkan dari pihak Kecamatan ataupun Kelurahan selalu aktif melakukan komunikasi melalui perangkat daerah,” jelasnya. (Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini