Beranda Pilkada Serentak 2020 Tingkatkan Partisipasi, TPS di Pandeglang Bagikan Doorprize ke Pemilih

Tingkatkan Partisipasi, TPS di Pandeglang Bagikan Doorprize ke Pemilih

 

PANDEGLANG – Berbagai cara dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk meningkatkan partisipasi masyarakat agar datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) serta memberikan hak pilihnya.

Seperti yang dilakukan oleh petugas di TPS 03 Pasar Heubeul, Kelurahan Kabayan, Kecamatan Pandeglang, untuk menarik simpati masyarakat agar datang memberikan hak pilihnya para petugas sengaja mengadakan doorprize bagi warga yang sudah memberikan hak pilih.

Hadiah yang diberikan juga cukup beragam mulai dari gelas, ember plastik, piring plastik, minyak, gula, magicom, dispenser, kipas angin hingga berbagai makanan pun tersedia menunggu untuk dibawa warga.

Sedangkan untuk mendapatkan hadiah itu warga cukup datang ke TPS dan memberikan hak pilihnya, setelah itu panitia akan mengocok undian dan warga yang beruntung dapat memboyong hadiah menarik.

Divisi Penindakan pada Panwas Kecamatan Pandeglang, Oki Andriana menyampaikan, pembagian hadiah berupa barang menarik sudah rutin digelar oleh panitia setiap ada pemilihan. Hal itu bertujuan untuk menarik minat masyarakat datang ke TPS.

“Dari hasil pemantauan kami di TPS 03 Pasar Heubeul alhamdulilah efektif dan doorprize nya pun dibagikan setelah pencoblosan. Doorprize nya lumayan menarik karena tidak ada yang zonk semuanya dapat. Jumlah DPT disitu sebanyak 441 orang dan yang hadir sebanyak 377 orang,” ungkap Oki, Rabu (9/12/2020).

Kata Oki, berdasarkan hasil konsultasi dengan Bawaslu Pandeglang kegiatan tersebut diperbolehkan dengan catatan tidak ada embel-embel lain atau mengarahkan untuk memilih salah satu calon.

“Untuk doorprize itu dananya dari iuran masyarakat dan sumbangan dari para pedagang sekitar lokasi TPS, karena setiap ada acara pemilihan memang sudah terbiasa ada doorprize seperti itu,” ungkapnya.

Sementara itu, Ustad Agus Zaelani yang berhasil mendapatkan doorprize berupa magic com mengaku senang mendapatkan hadiah. Pasalnya, selain menyalurkan hak pilih dirinya juga bisa mendapatkan hadiah.

“Tentu seneng karena selain menyalurkan hak pilih kami juga bisa mendapatkan hadiah. Alhamdulilah saya tadi dapat magic com dan istri saya dapat botol plastik,” ucap Agus sambil tersenyum. (Med/Red)