Beranda Politik Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Kota Tangerang Bentuk Kampung Demokrasi

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Kota Tangerang Bentuk Kampung Demokrasi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang melaunching Kampung Demokrasi di RW 01, Kelurahan Larangan Utara, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang - foto istimewa

TANGERANG – Guna meningkatkan kualitas dan kuantitas partisipasi pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang melaunching Kampung Demokrasi di RW 01, Kelurahan Larangan Utara, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, Sabtu (25/6/2022).

Launching Kampung Demokrasi ditandai dengan pemotongan pita, yang diresmikan langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Tangerang, Rakhmansyah beserta jajaran KPU Provinsi Banten dan KPU Kota Tangerang. Peresmian juga dihadiri puluhan warga sekitar di Kampung Demokrasi.

Ketua KPU Kota Tangerang, Ahmad Syailendra mengungkapkan selain Kampung Demokrasi di Larangan Utara, KPU juga akan melaunching Kampung Demokrasi di Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Jatiuwung.

“Dua wilayah ini dipilih karena kepadatan penduduk dibanding wilayah lainnya. Dengan harapan dapat menjadi percontohan bagi wilayah lainnya, untuk punya semangat dalam dunia politik, tidak golput saat proses Pemilu dan Pilkada serentak pada 2024 mendatang. Sehingga jumlah pemilih Kota Tangerang khususnya anak remaja bisa maksimal,” ungkap Syailendra dalam keterangannya.

Lanjutnya, beriringan dengan launching, KPU juga menggelar sosialisasi serta edukasi pendidikan politik bagi masyarakat.

“KPU juga berkolaborasi dengan Disdukcapil dengan menghadirkan layanan pembukaan e-KTP atau sekadar menjadi layanan diskusi masyarakat terkait kebutuhan administrasi kependudukan menjadi pemilih,” katanya.

Sementara itu, Ketua RW 01 Kelurahan Larangan Utara, Irwan mengaku masyarakat dan jajaran RT cukup antusias dengan program Kampung Demokrasi ini. Dimana masyarakat Kampung Demokrasi dapat menjadi perpanjangan KPU untuk menolak politik uang, hoax hingga isu sara.

“Pastinya, kami berharap dapat membuka wawasan yang lebih luas terkait dunia politik pada kalangan remaja, sebagai penerus bangsa Indonesia nantinya. Semoga Larangan Utara dapat menjadi contoh bagi wilayah lainnya di Kota Tangerang,” harapnya.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini