Beranda Pemerintahan Tingkatkan Minat Baca, Mobil Perpustakaan Keliling Kota Tangerang Jamah Lapas Hingga Masjid

Tingkatkan Minat Baca, Mobil Perpustakaan Keliling Kota Tangerang Jamah Lapas Hingga Masjid

Mobil Perpustakaan Keliling Kota Tangerang

TANGERANG – Guna meningkatkan minat baca masyarakat Kota Tangerang, melalui Mobil Perpustakaan Keliling milik Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang terus dimasifkan. Setiap harinya, Mobil Perpustakaan Keliling ini menjelajah berbagai pusat keramaian, untuk menjangkau masyarakat atau mendekatkan masyarakat dengan jendela dunia yaitu buku.

Kepala DPAD Kota Tangerang, Engkos Zarkasyi mengungkapkan setiap harinya setiap satu unit Mobil Perpustakaan Keliling bisa menjangkau tiga lokasi. Seperti Kamis (31/8/2023), bertandang ke SDN Cikokol 2, SDN Cipete dan SDN Tangerang 3. Sedangkan Jumat (1/9/2023) bertandang di Lapas Pemuda Kelas II, Masjid Raya Al Azhom dan Taman Gajah.

“Mendekatkan literatur atau meningkatkan minat baca, DPAD memang sudah membangun sejumlah Perpustakaan Mini, hingga perpustakaan di kampung tematik. Tapi memberikan suasana berbeda dengan mobil Perpustakaan Keliling dalam membaca, diharapkan dapat meningkatkan antusias masyarakat dalam mencari informasi atau pengetahuan,” ungkap Engkos dalam keterangannya.

Ia pun menyatakan, satu unit Mobil Perpustakaan Keliling bisa membawa hingga 250 jenis buku. Mulai dari buku novel, cerita bergambar, ensiklopedia, dongeng, biografi, fotografi, karya ilmiah, majalah, komik hingga buku ekonomi atau bisnis.

Fasilitas ini dapat dimanfaatkan semua masyarakat Kota Tangerang tanpa mengenal batas usia, bebas memanfaatkan layanan jasa perpustakaan keliling. Mobil Perpustakaan Keliling merupakan layanan terbuka, pengunjung dengan bebas mencari dan memilih bahan pustaka yang ada di dalam mobil.

“Semoga dengan Mobil Perpustakaan Keliling yang kembali digencarkan dapat mengurangi kesenjangan dalam mendapatkan informasi. Mengentaskan mereka yang kurang daya juang untuk memperoleh informasi, karena malas atau tak ada dukungan dari lingkungan, atau tidak tersedianya akses sumber informasi tersebut,” harapnya.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini