Beranda Komunitas Tingkatkan Literasi, Lima Pemuda Ciledug Pinjamkan Buku Online dan Bayar Suka-suka

Tingkatkan Literasi, Lima Pemuda Ciledug Pinjamkan Buku Online dan Bayar Suka-suka

Project Manager Bobookit, Muhamad Bayu Prakoso. (Foto: Alwan/Bantennews)

 

TANGERANG – Bagi warga Kota Tangerang maupun di luar Tangerang yang ingin membaca buku namun tak mampu membelinya jangan khawatir. Kini ada Bobookit yang dikelola lima warga Ciledug yang menyediakan peminjaman buku secara online dengan metode pembayaran ‘pay as you wish‘ yakni tarif suka-suka atau bayar sesuai yang diinginkan.

Platform ini didirikan oleh dua mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang berasal dari Kota Tangerang Fauzan Haqi Lukita dan Muhammad Bayu Prakoso. Seiring berjalannya waktu platform ini berkembang menjadi tim yang beranggotakan lima orang.

Project Manager Bobookit, Muhamad Bayu Prakoso mengatakan, Bobookit yang berlokasi di Griya Kencana 2 Blok R Nomor 36 RT 001 RW 014, Sudimara Barat, Ciledug, Kota Tangerang ini meminjamkan buku tanpa batasan harga pinjam. “Jadi biaya sewanya mulai dari Rp 0 sampai berapapun, uangnya juga akan kembali ke pemilik buku,” katanya, Sabtu (31/10/2020).

Berdiri sejak 17 Juni 2020, Bobookit melibatkan belasan orang pemberi pinjaman dengan total 411 buku. Sampai hari ini lebih dari 50 buku dipinjamkan kepada peminjam.

“Untuk buku yang tersedia ada beberapa genre mulai dari fiksi sampai buku-buku pengembangan diri. Buku-buku yang dipinjamkan merupakan buku dari penulis populer seperti Tere Liye, Ika Natasha, hingga indie seperti Mojok dan berbagai penulis lainnya,” ungkap pria yang masih menjalani pendidikan di Universitas Gajah Mada ini.

Bayu menuturkan, saat ini Bobookit tersebar di 5 region yakni D.I. Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jabodetabek dan Sumatera Barat. Bobookit juga memastikan buku yang tersedia merupakan buku original sebagai bentuk mendukung hak cipta.

“Mengingat mekanisme ‘pay as you wish’ memberikan ruang bagi peminat untuk mengapresiasi buku yang dipinjam berapapun nominalnya, ongkos kirim buku akan ditanggung oleh peminjam,” tuturnya.

Lebih lanjut, Bayu menuturkan hadirnya Bobookit ini merupakan upaya ia dan empat orang rekannya untuk meningkatkan literasi dikalangan anak muda. “Generasi milenial harus gemar baca buku, nah ini salah satu yang bisa kita lakukan untuk memperkuat budaya literasi di kalangan anak muda,” pungkasnya.

Tak hanya menyediakan buku dalam negeri, Bobookit juga menyediakan buku impor untuk dipinjamkan. Jika ingin meminjam, langsung saja melalui instagram @Boboo_kit. (Wan/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini