Beranda Pendidikan Tingkatkan Literasi, Edi Resmikan Taman Baca Samudera Ilmu di Ciwandan

Tingkatkan Literasi, Edi Resmikan Taman Baca Samudera Ilmu di Ciwandan

943
0
Walikota Cilegon, Edi Ariadi meresmikan Taman Baca Samudera Ilmu di Kantor Kecamatan Ciwandan, Jumat (9/8/2019). (Usman/bantennews)

CILEGON – Walikota Cilegon, Edi Ariadi meresmikan Taman Baca Samudera Ilmu di Kantor Kecamatan Ciwandan, Jumat (9/8/2019). Taman baca yang berada di Kantor Kecamatan Ciwandan ini merupakan hasil dari program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) dan PT Balai Pustaka.

Setelah meresmikan Walikota Edi juga meninjau Taman Baca Samudera Ilmu yang dilengkapi ratusan buku ilmu pengetahuan. Pada ruang yang bersebelahan dengan ruang pelayanan Kantor Kecamatan Ciwandan tersebut juga dilengkapi dengan pendingin ruangan, sehingga membuat pengunjung nyaman.

Walikota Cilegon, Edi Ariadi mengapresiasi PT KBS karena telah memberikan perhatian dan kerjasama dalam membantu Pemkot Cilegon melalui program-program CSR. Ia berharap dengan adanya Taman Baca Samudera Ilmu bisa meningkatkan semengat literasi di Kecamatan Ciwandan.

“Dengan hal ni semoga menjadi momentum awal bagi Pemerintah Kota Cilegon dan industri dalam menjalin kerjasama dimasa-masa yang akan datang dalam bidang pendidikan demi mewujudkan Kota Cilegon yang kita cintai ini terus maju dalam semua bidang,” kata Edi.

Edi juga berbangga bahwa Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) beberapa waktu lalu telah meraih penghargaan tingkat nasional. Ke depan, Edi meminta ke DPAD Kota Cilegon untuk melatih Sumber Daya Manusia (SDM) di Kecamatan Ciwandan agar bisa mengelola perpustakaan dengam baik.

“Kami minta ke Kepala DPAD Cilegon Ibu Nur Fatma untuk melatih SDM untuk mengelola perpustakaan Kecamatan Ciwandan dengan baik,” jelasnya.

Edi mengungkapkan bahwa taman baca persembahan dari PT KBS ini merupakan suatu upaya yang baik dalam menumbuhkan minat baca anak-anak- maupun masyarakat umumnya.

“Betapa pentingnya membangun kebiasaan membaca sejak dini, dengan tumbuhnya minat membaca diharapkan dapat menjadikan para generasi penerus menjadi insan yang berkualitas,” ungkapnya.

Edi minta agar para pegawai maupun masyarakat di Kecamatan Ciwandan bisa merawat aset yang telah diberikan oleh PT KBS.

“Untuk seluruh pegawai dan masyarakat Kecamatan Ciwandan, saya minta dapat menjaga dan merawat aset yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya, semoga nantinya taman baca ini dapat berkembang lebih besar, dengan koleksi buku yang semakin lengkap sehingga bisa menarik lebih banyak minat pembaca,” tuturnya.

Kedepannya, Edi berharap semua perusahaan besar yang ada di Kota Cilegon bisa mengikuti jejak PT KBS dengan memberikan perhatiannya kepada masyarakat Kota Cilegon melalui program CSR.

“Semoga taman baca dan juga beasiswa untuk siswa berprestasi yang di gagas ini tidak hanya diberikan untuk masyarakat Ciwandan saja, tapi juga menjangkau masyarakat yang lebih luas lagi, dan Saya juga berharap apa yang sudah dipelopori oleh PT KBS ini dapat menjadi inisiasi dan diikuti oleh perusahaan lainnya yang ada di Kota Cilegon,” harapnya. (Man/Red)