Beranda Pemerintahan Tingkatkan Layanan Kebencanaan, Pattiro Banten Teken Kesepakatan dengan Pemkab Pandeglang

Tingkatkan Layanan Kebencanaan, Pattiro Banten Teken Kesepakatan dengan Pemkab Pandeglang

Pattiro yang merupakan organisasi riset dan advokasi melakukan kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang - foto istimewa

PANDEGLANG – Dalam rangka membangun komitmen untuk meningkatkan layanan kebencanaan di Kabupaten Pandeglang, Pattiro yang merupakan organisasi riset dan advokasi melakukan kesepakatan bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang.

Penandatangan dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pandeglang Pery Hasanudin, Ketua Komisi IV DPRD Pandeglang Muhamad Habibi, Direktur ERR Pattiro Banten Bahrul Alam, Perwakilan Ombudsman Banten, Serta Perwakilan Masyarakat, di Oproom Sekretariat Daerah.

Direktur ERR Pattiro Banten, Bahrul Alam menjelaskan kesepakatan ini sebagai bentuk komitmen Pattiro untuk terus bersinergi dengan pemda dalam peningkatan layanan kebencanaan, ada 7 point kesepakatan yang dituangkan.

“Beberapa point kesepakatan kami adalah perbaikan layanan kebencanaan menjadi tanggung jawab bersama, perencanaan pembangunan dan pengalokasian anggaran secara proporsional dalam hal kebencanaan, kegiatan adaptasi dan pengurangan resiko bencana di wilayah rawan bencana”, jelasnya melalui siaran tertulis, Jumat (31/7/2020).

Bahrul Alam menyatakan Pattiro memang lembaga yang intens membantu Pemkab Pandeglang dalam hal kebencanaan sejak terjadinya Tsunami beberapa tahun lalu.

“Pada saat bencana tsunami kami telah membantu Pemkab Pandeglang untuk turut serta membantu meringankan beban masyarakat dengan berupaya dalam hal pendistribusian logistik. Dan selanjutnya kami juga konsen untuk melakukan kegiatan pengurangan risiko bencana, dan hasilnya adalah terbentuknya beberapa komunitas yang akan melakukan upaya pengurangan risiko tersebut”, tutupnya.

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang, Pery Hasanudin sangat mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Pattiro Banten.

“Kami atas nama bupati dan masyarakat Kabupaten Pandeglang sangat mengapresiasi dengan apa yang telah dilakukan Organisasi Pattiro, dan memang inilah yang sangat penting untuk diketahui masyarakat, bahwa penanganan bencana bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tapi semua unsur bahkan sampai ke lapisan masyarakat harus turut andil”, tuturnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini