Beranda Kesehatan Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Ibu dan Bayi, Dinkes Kabupaten Tangerang Gelar Pendampingan

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan Ibu dan Bayi, Dinkes Kabupaten Tangerang Gelar Pendampingan

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang melakukan kegiatan pendampingan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan pada Rumah Sakit - foto istimewa

KAB. TANGERANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang melakukan kegiatan pendampingan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan pada Rumah Sakit (RS) ibu dan anak yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang. Program tersebut dilakukan RS yang telah ditunjuk sebagai pendamping.

Salah satunya adalah kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Rumah Sakit Siloam kepada Rumah Sakit Keluarga Kita yang berlokasi di Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang pada Selasa (30/08/2022).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinkes Kabupaten Tangerang, dr. Sri Indriyani mengatakan, kegiatan pendampingan ini bertujuan untuk memperkuat tata kelola klinis dan tata kelola manajemen di RS dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan ibu dan bayi.

Kegiatan pendampingan itu juga dilakukan untuk mengurangi Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di wilayah Kabupaten Tangerang.

“Pendampingan ini kami lakukan dengan melibatkan beberapa rumah sakit swasta dan juga RSUD dengan menugaskan tim yang terdiri dari dokter spesialis anak, bidan, perawat, tenaga elektromedis dan manajemen rumah sakit,” ucapnya, Rabu (31/8/2022).

Dia mengatakan, untuk mencapai target penurunan AKI dan AKB bukan hanya melalui penguatan di RS saja akan tetapi juga harus ada intervensi yang dilakukan mulai dari pencegahan primer. Pencegahan juga harus mulai dilakukan dari tingkat keluarga, masyarakat dan kualitas pelayanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, baik yang dimiliki oleh pemerintah maupun swasta.

Sementara itu, pihak manajemen RS Siloam, dr. Setiawan mengatakan, pihaknya memberikan beberapa materi sebagai bentuk upaya penurunan AKI dan AKB, salah satunya adalah pemberian materi terkait tata laksana persalinan kepada para perawat di RS Keluarga Kita.

“Semoga dengan adanya pendampingan ini diharapkan membantu untuk mengurangi angka kematian ibu dan anak. Semoga kedepannya ibu dan anak di indonesia dapat lebih sehat dan sejahtera,” ucapnya.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini