Beranda Pendidikan Tingkatkan Kewaspadaan Kegiatan Pramuka, Wabup Lebak Minta Kajian Manajemen Risiko

Tingkatkan Kewaspadaan Kegiatan Pramuka, Wabup Lebak Minta Kajian Manajemen Risiko

Pembukaan acara Kursus Orientasi Mabigus (SMA, SMK dan SKh) yang di adakan di Aula Koperasi Sugri Rangkasbitung, Rabu (4/3/2020) - Foto istimewa

LEBAK – Musibah yang menimpa gerakan pramuka di SMPN 1 Turi Sleman Yogyakarta dalam kegiatan susur sungai harus menjadi pelajaran, Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi mengintruksikan kepada para pembina pramuka di Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Lebak untuk lebih memperhatikan manajemen risiko dalam setiap kegiatan yang akan digelar.

Hal tersebut disampaikan Wabup Lebak sekaligus Ketua Kwarcab Pramuka Lebak pada saat sambutannya dalam pembukaan acara Kursus Orientasi Mabigus (SMA, SMK dan SKh) yang di adakan di Aula Koperasi Sugri Rangkasbitung, Rabu (4/3/2020).

“Saya mengimbau agar setiap kegiatan pramuka khususnya kegiatan di alam terbuka dilakukan kajian managemen resiko terlebih dahulu dengan memperhatikan seluruh potensi-potensi alam baik yang bisa kita kendalikan sampai yang tidak bisa kendalikan,” ujar Ade melalui siaran tertulis.

Ade meminta agar melibatkan pihak-pihak tertentu seperti TNI-Polri dalam kegiatan Pramuka khsusunya di alam terbuka, sehingga bersama-sama menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.

“Saya yakin kakak-kakak pembina ini ikhlas dalam membina adik-adik kita, untuk itu saya mohon tetap semangat terus membina tentunya dengan memperhatikan pola dan mekanisme pembinaan yang sesuai dengan ketentuan dan aturan-aturan yang telah di tentukan,” jelas Ade.

Terakhir Ade berharap adanya sinergitas antar pembina di segala tingkatan pendidikan baik SD, SMP dan SMA sederajat guna mencetak generasi muda bangsa yang memiliki sumberdaya manusia yang mumpuni dan berakhlakul karimah.

Sementara itu dalam laporan kegiatan yang dibacakan oleh ketua panitia Ahmad Samsudin memaparkan kegiatan orientasi ini diikuti oleh 72 peserta yang berasal dari kepala SMA, SMK dan SKh.

“Kegiatan ini dalam rangka membangun semangat dan kepedulian untuk paradigma baru dalam gerakan pramuka di Kabupaten Lebak,” pungkas Ketua Panitia.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini