Beranda Pilkada Serentak 2020 Tingkatkan Kapasitas, Seluruh Panwascam di Lebak Ikuti ToT

Tingkatkan Kapasitas, Seluruh Panwascam di Lebak Ikuti ToT

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lebak, menggelar rapat koordinasi bersama seluruh panitia pengawas kecamatan (Panwascam) dalam rangka training of traner (ToT)

LEBAK – Guna meningkatkan kapasitas dalam proses pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lebak, menggelar rapat koordinasi bersama seluruh panitia pengawas kecamatan (Panwascam) dalam rangka training of traner (ToT) di Hotel Mutiara, Rangkasbitung, Jumat (22/3/2019).

Ketua Divisi Organisasi dan SDM, Deni Wahyudin mengatakan, tujuan dari ToT Bimtek pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan Saksi ini dalam rangka persiapan pembekalan dan pelatihan terhadap pengawas di tingkat TPS.

“Kita ingin teman-teman Panwascam ini dapat menyerap seluruh materi yang diberikan dalam ToT. Sehingga nantinya bisa menyampaikan kembali ke pengawas TPS dan saksi partai politik,” kata Deni kepada wartawan.

Deni menjelaskan, dalam ToT tersebut tidak hanya menyampaikan materi tapi juga diisi dengan simulasi atau praktek tata cara pengawasan di lapangan.

“Sehingga pengawas TPS ini betul-betul memahami tugas dan kewajiban mereka. Mulai dari persiapan penyelenggaraan, pemungutan suara, perhitungan suara hingga pengawalan kotak suara ke PPS,” terang Deni.

Dikatakan Deni, pengawas TPS ini merupakan ujung tombak dalam proses pengawasan di TPS. Sehingga harus diberikan pembekalan yang maksimal demi terselenggaranya pemilu 2019 yang akuntabel.

“Kita berharap seluruh jajaran Bawaslu hingga pengawas TPS di Kabupaten Lebak dapat bekerja secara profeaional demi tegaknya pemilu yang jujur dan bersih,” imbuhnya. (Ali/Red)