Beranda Advertorial Tingkatkan Kapasitas Kader Posyandu, Dinkes Kota Tangerang Tekankan Pencatatan dan Laporan

Tingkatkan Kapasitas Kader Posyandu, Dinkes Kota Tangerang Tekankan Pencatatan dan Laporan

389
0

TANGERANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang melakukan kegiatan peningkatan kader posyandu se-Kota Tangerang.

Kepala Dinkes Kota Tangerang Liza Puspadewi mengatakan, kegiatan peningkatan kapasitas kader posyandu bertujuan meningkatkan pengetahuan kader tentang pencatatan dan pelaporan posyandu.

Selain itu, agar kader mengetahui alur dan sekaligus meningkatkan kinerja kader untuk mendukung pencatatan serta pelaporan yang baik.

“Penilaian pertumbuhan balita melalui KMS (Kartu Menuju Sehat) dan penggunaan buku KIA (Kesehatan Ibu Anak) dengan baik dan benar, itu juga menjadi tujuan kami” katanya kepada BantenNews.co.id, Jumat (14/12/2018).

Menurut Liza, setelah dilakukannya peningkatan kapasitas, kader posyandu diharapkan bisa mengisi system informasi posyandu (SIP) secara baik dan benar. Ia juga berharap dapat mengetahui program pencatatan dan pelaporan secara elektronik atau biasa disebut elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM).

“Masing-masing kader posyandu akan mewakilkan satu kadernya guna mendapat pelatihan pencatatan dan pelaporan melalui e-PPGBM,” ungkapnya.

Dengan adanya peningkatan kapasitas, kader posyandu diharap dapat membantu program pemerintah dalam bidang kesehatan atau urusan sosial lainnya. Ia meminta kader selalu mencatat kegiatannya didalam buku kinerja sebagai bukti kegiatan mereka, dengan demikian kader dapat menjalankan kegiatan posyandu yang baik dan benar serta menjadi agen perubahan di bidang kesehatan.

“Selalu mengajarkan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat sekaligus mengajak masyarakat menjaga kesehatannya melalui kegiatan preventif dan promotif bidang kesehatan,” pungkasnya. (ADV)