Beranda Advertorial Tinggi Animo Peserta, Pascasarjana Untirta Gelar Seleksi PMB

Tinggi Animo Peserta, Pascasarjana Untirta Gelar Seleksi PMB

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) kembali melaksanakan Ujian Masuk Mandiri dalam Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Gelombang I Program Pascasarjana Untirta tahun 2023.

SERANG — Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) kembali melaksanakan Ujian Masuk Mandiri dalam Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Gelombang I Program Pascasarjana Untirta tahun 2023. PMB kali ini terdiri dari jenjang Program Magister (S-2) dan Doktor (S-3).

Antusiasme calon mahasiswa terlihat pada pelaksanaan tes yang berlangsung di Laboratorium Multimedia Gedung C Pascasarjana dan Laboratorium Multimedia Gedung Pusdainfo pada Sabtu, 8 April 2023 itu dipenuhi calon mahasiswa.

Pascasarjana Untirta membuka penerimaan mahasiswa baru gelombang 1 dengan total 19 Program Studi (Prodi), diantaranya 16 prodi di Program Magister dan 3 prodi di Program Doktor. Terhitung pada gelombang pertama ini, ada 184 pendaftar dan melaksanakan ujian yang tersebar ke 19 prodi tersebut.

Dalam pelaksanaan teknisnya, ujian masuk ini terbagi menjadi 2 sesi tes berbasis komputer kemudian dilanjutkan dengan tahapan wawancara.Tahapan wawancara untuk mengukur kesiapan secara mental, motivasi, performa, dan rencana penelitian.

Direktur Pascasarjana, Dr. Aan Asphianto, mengungkap penerimaan mahasiswa baru kali ini mendapatkan animo yang tinggi dari masyarakat. “Kami melihat perkembangan yang pesat di Untirta ini, dimana sekarang Untirta juga sudah Berprestasi Unggul sehingga dengan penyelarasan prodi-prodi yang ada di Untirta antara fakultas dengan doktoral sekarang lebih baik lagi dalam penyelenggaraan perkuliahan. Tidak seperti tahun-tahun kemarin yang masih ditangani oleh Pascasarjana,” kata pakar hukum pidana Untirta tersebut.

Rektor Untirta, Prof. Fatah Sulaiman, melalui hasil monitoring dan evaluasi (Monev) bersama Wakil Rektor Bidang I Untirta Agus Sjafari melihat antusiasme dan optimisme peserta untuk menyelesaikan studi lanjutan di Untirta.

“Harapannya semua calon peserta tes ini sesuai dengan target Standard Minimal Requirement bisa diberikan akses untuk melanjutkan Pascasarjana di Untirta. Saya rasa dengan adanya perguruan tinggi lain yang mendaftar Pascasarjana di Untirta bisa menambah kepercayaan yang bagus untuk menjadi alumni Untirta,” ujar Fatah.

Adapun penetapan peserta yang lolos seleksi gelombang 1 ini akan diumumkan pada tanggal 10 April 2023. Kemudian pembukaan gelombang 2 penerimaan mahasiswa baru pascasarjana nanti akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang. (ADV)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini