Beranda Bisnis Tindaklanjuti Kerja Sama Program Kampus Merdeka, Kadin-Untirta Teken MoU

Tindaklanjuti Kerja Sama Program Kampus Merdeka, Kadin-Untirta Teken MoU

Penandatanganan Nota Kesepahamanan Kadin Kabupaten Serang dengan Untirta di salah satu hotel di Kota Serang, Selasa (7/7/2020).

SERANG – Kamar Dagang Industri (Kadin) Kabupaten Serang akan mendorong pengembangan pendidikan kewirausahaan dan bisnis di kampus yang ada di Banten, salah satunya baru akan dimulai di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta). Selain itu, Kadin juga mendukung salah satu program di Untirta yaitu kampus merdeka.

Hal itu ditindaklanjuti dengan Penandatanganan Nota Kesepahamanan (MoU) Kadin Kabupaten Serang dengan Untirta di salah satu hotel di Kota Serang, Selasa (7/7/2020). Turut hadir Ketua Kadin Kabupaten Serang Agus Firman Sundari, Rektor Untirta Fatah Sulaiman, dan Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa.

“Nota kesepahaman ini untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), wirausaha, dan bisnis kita tuangkan dalam bentuk sinergi. Jadi kami turut menciptakan entrepreneur yang kompetitif,” kata Ketua Kadin Kabupaten Serang, Agus Firman Sundari.

Lebih lanjut, dalam program tersebut pihaknya akan mencoba menfasilitasi beberapa program yang ada di Untirta, contohnya pada program Kampus Merdeka. Dalam program tersebut pihaknya akan mendorong agar lulusan Untirta dalam masuk ke industri-industri.

“Dengan ini Untirta tidak lagi sendiri dalam door to door untuk masuk ke industri, jadi akan kami bantu,” ujarnya.

Meski demikian, dalam pengembangannya, pihaknya juga masih membutuhkan penguatan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang. Hal itu karena masih ada sebagian industri yang sulit untuk diajak kerjasama.

“Kami juga perlu penguatan dari pemerintah, mohon dibantu agar dapat masuk industri. Terlebih memang separuh industri sulit untuk masuk, tapi ada juga yang tahu fungsi dan tugas Kadin,” ucapnya.

Rektor Untirta Fatah Sulaiman mengucapkan terimakasih kepada Kadin Kabupaten Serang yang turut membantu dalam mengembangkan pendidikan di Untirta. Dengan demikian, lulusan Untirta siap bersaing dengan yang lainnya.

“Itu untuk kesiapan lulusan, sekaligus adaptasi dengan industri. Kemudian juga dilatih untuk menjadi entrepreneur yang handal,” tuturnya.

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengatakan, kerjasama antara Kadin dan Untirta sangatlah penting, bagaimana dapat meningkatkan kemampuan pelaku usaha, dan menyiapkan manusia yang unggul terkhusus di Kabupaten Serang.

“Ini menjadi penting, bagaimana menyiapkan masyarakat agar mereka siap, apalagi persaingan bisnis ke depan akan makin ketat,” ucapnya.

(Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini