Beranda Kesehatan Timbul Panas Dalam Setelah Lebaran, Begini Cara Mengatasinya

Timbul Panas Dalam Setelah Lebaran, Begini Cara Mengatasinya

92
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Makanan dan jajanan saat lebaran memang begitu menggoda. Apalagi setelah kamu melewati sebulan penuh berpuasa, menahan lapar dan dahaga. Saat lebaran kamu akan dihadapkan berbagai hidangan mulai dari yang berkuah kental, gorengan, serba santan sampai jajanan yang penuh gula dan berbagai macam es.

Manusiawi jika banyak orang akhirnya kalap tidak kontrol diri, kemudian terkena panas dalam, yang bisa berujung pada sakit lainnya. Kalau sudah telanjur panas dalam? Dilansir dari berbagai sumber, ini cara cepat mengatasinya!

1. Panas dalam bisa diakibatkan kekurangan cairan atau dehidrasi, yang bisa berujung pada flu.

Baca Juga :
loading...

Terutama akan makin terasa dampaknya pada musim pancaroba. Secara medis, panas dalam bisa bermakna luas. Mulai dari naiknya asam lambung sampai masalah saluran nafas itu juga termasuk panas dalam. Tanda-tanda awal yang bisa dilihat adalah bibir kering dan pecah-pecah, juga tenggorokan terasa kering. Kalau kamu mengonsumsi makanan berminyak secara berlebih tapi kurang minum air, ini akan memperparah keadaan.

2. Umumnya, yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi panas dalam adalah istirahat dan minum yang cukup

Jika panas dalam yang kamu alami disebabkan oleh terjadinya infeksi, ada baiknya kamu meminum antibiotik sesuai anjuran doktermu. Jika dalam keadaan darurat, misalnya larut malam, kamu bisa membuat antibiotik alami dari kunyit dicampur madu yang diseduh dengan air hangat. Apapun penyebabnya, seseorang yang terkena panas dalam perlu tidur dan minum dengan cukup. Untuk mempercepat pemulihan, konsumsi minuman-minuman yang khusus mengandung mineral dan elektrolit. Jangan khawatir jika kamu akan ke toilet terus-menerus untuk kencing, itu memang diperlukan untuk mengembalikan metabolisme tubuhmu seperti semula.

3. Perhatikan makanan dan minuman yang sangat berguna untuk kondisi panas dalam

Beberapa makanan seperti pisang, jeruk, kubis, oatmeal dan makanan laut akan membantu tubuhmu mengontrol kandungan asam dalam batas normal. Beberapa di antara mereka bahkan bisa mencegah kenaikan asam dalam lambung, yang bisa menyebabkan panas dalam. Jahe selain memiliki fungsi yang sama, juga mempunyai efek anti-inflamasi. Sedangkan susu dan yogurt juga sangat berguna untuk panas dalam karena kaya akan kandungan mineral, sekaligus dapat menetralisir kandungan asam di dalam tubuh.

4. Segera atasi panas dalam yang kamu alami, sebelum merembet menjadi penyakit lain

Berpuasa memang diketahui banyak manfaat kesehatannya, bahkan membuat penderita penyakit maag merasa baikan, lemak tubuh juga memang berkurang, tapi jika kamu tidak mengontrol diri dengan baik, tubuhmu akan belum siap menghadapi segala godaan santapan lebaran. Jika panas dalam kamu biarkan, gejala ini akan berubah menjadi bentuk lain seperti radang, flu dan berbagai penyakit lain yang mengganggu kelancaran metabolisme tubuhmu.

Ikuti saja cara-cara mengatasinya di atas, jika kamu sudah telanjur panas dalam akibat sudah telanjur kalap dengan hidangan lebaran. Jika kamu belum terkena panas dalam setelah lebaran, bersyukurlah, jaga terus kesehatanmu. Ingat untuk selalu istirahat dan minum dengan cukup ya. (Red)

 

Sumber : IDN Times

loading...