Beranda Peristiwa Tim SAR Gabungan Lanjutkan Pencarian Korban Tenggelam di Perairan Merak

Tim SAR Gabungan Lanjutkan Pencarian Korban Tenggelam di Perairan Merak

Ilustrasi - foto istimewa INEWS.id

CILEGON – Tim SAR Gabungan melanjutkan pencarian hari kedua pada Minggu (9/10/2022) terhadap Hegel Angga Pratama (19) warga Cimindi Barat, Kelurahan Cibereum, Kecamatan Cimahi Selatan, Jawa Barat. Pemuda tersebut diduga jatuh dari atas Kapal Motor Penumpang (KMP) Rishel.

Korban dilaporkan hilang tenggelam di sekitar Perairan Pelabuhan Merak sejak Sabtu (8/10/2022) siang.

Operasi pencarian hari kedua dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan melakukan penyisiran radius 3 Nm dari Lokasi Kejadian Perkara (LKP) menggunakan RIB 02 Banten dan Kapal Polairud. Kondisi cuaca di lokasi pun berawan.

Sebelumnya diberitakan, ABK KMP Rishel melaporkan pukul 01.15 WIB jika ada seseorang yang jatuh ke laut di lambung kiri di deck satu KMP Rishel sekira pukul 01.12 WIB.

Ciri-ciri korban yaitu berjenis kelamin laki-laki memakai kaos abu-abu, celana jeans berwarna biru dongker.

Di waktu yang sama juga KMP Rishel melaporkan bahwa kapal tidak bisa memutar balik karena perairan sempit dan cuaca buruk dengan kecepatan angin 24 knot dan tinggi gelombang 2 meter dan diizinkan melanjutkan sandar di Dermaga 4 Pelabuhan Merak.

Usai menerima informasi dari ABK KMP Rishel pada pukul 10.40 WIB, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) Banten, Adil Triyanto langsung memberangkatkan satu tim dari Unit Siaga Merak menuju lokasi kejadian dengan menggunakan RIB 10,5 M.

“Hasil pencarian dari pukul 10.45 WIB sampai dengan pkl 17.00 WIB masih nihil dan akan dilanjutkan esok hari untuk kondisi laut saat ini cuaca berawan angin barat dan gelombang 1 sampai dengan 1,5 meter,” ujarnya pada Sabtu (8/10/2022).

Selama proses pencarian korban turut melibatkan unsur SAR gabungan dari Basarnas Banten, Lanal Banten, Polairud Polda Banten, KSKP Merak BPBD Banten, ASDP, BMKG Serang, BPBD Cilegon, Damkar Cilegon, BAZNAS, Tagana, Vertical Rescue, SAR MTA, KRI, KBP GB, UAR, MDMC, Rumah Zakat, TRC Pramuka Cilegon, dan Relawan Nusantara. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini