Beranda Advertorial Tim KRAKATOA EV-1 Untirta Raih Posisi 13 Prototype Battery Electric Universitas se-Asia

Tim KRAKATOA EV-1 Untirta Raih Posisi 13 Prototype Battery Electric Universitas se-Asia

Tim KRAKATOA EV-1 Teknik Mesin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mendapatkan peringkat 13 Prototype Battery Electric dari 27 Universitas se-Asia dalam kejuaraan Shell Eco Marathon 2023 Asia yang diikuti 14 Negara, KRAKATOA-EV mengalahkan tim dari berbagai Negara yakni Kazakhstan, Qatar, Malaysia, Brunei Darusallam, dan India dalam Prototype Battery Electric.

LOMBOK – Tim KRAKATOA EV-1 Teknik Mesin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mendapatkan peringkat 13 Prototype Battery Electric dari 27 Universitas se-Asia dalam kejuaraan Shell Eco Marathon 2023 Asia yang diikuti 14 Negara, KRAKATOA-EV mengalahkan tim dari berbagai Negara yakni Kazakhstan, Qatar, Malaysia, Brunei Darusallam, dan India dalam Prototype Battery Electric.

Tim KRAKATOA-EV harus melewati dua bagian seleksi ketat yaitu Penentuan Keberangkatan dan Technical Inspections. Seleksi penentuan keberangkatan terdari dari 3 phase, phase 1 basic Information, phase 2 Technical Submission, phase 3 Logistics and Off-track Awards. Technical Inspections men Jadi momok yang menakutkan bagi para peserta perlombaan.

Dua belas aspek kendaraan menjadi penentu pada tahapan Technical Inspection. Dalam seleksi ini, Tim KRAKATOA-EV lulus tahap technic inspection. Sayangnya Dari 80 peserta, 11 diantaranya harus gugur pada seleksi akhir ini.

Rektor Untirta Prof. Fatah Sulaiman mengaku bangga dengan tim yang mewakili Untirta pada ajang tersebut. Ia mengapresiasi dan mendukung penuh inovasi dan ketekunan KRAKATOA EV-1 Teknik Mesin Untirta. “Ini bagian penting bahwa Untirta terus memacu diri sebagai salah satu perguruan tinggi di ajang internasional. Dengan keterlibatan Untirta dalam ajang ini menjadi tanda kami mampu bersaing dengan 27 universitas di 14 negara tingkat Asia,” ujar Fatah.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni Dr. Suherna. mengahadiri langsung untuk memberikan semangat dan apresiasi atas semangat mahasiswa Teknik Mesin.

“Untuk lomba ini merupakan pengalam kita baru pertama kali kita ikuti ajang internasioal se Asia pasifik dan kita alhamdulillah tim Krakatoa-EV 01 sudah lulus technical inspection, saya melihat anak-anak sangat semangat dan sehat semua sehingga kita bisa bertanding dengan tenang dan sudah mempersiapkan untuk masuk ke track mandalika” katanya.

Ajang kejuaraan bergengsi mobil hemat energi Shell Eco-marathon Asia 2023 dilaksanakan di lombok mandalika pada 4 – 9 Juli 2023.  Prestasi yang luar biasa ditunjukkan oleh tim besutan Teknik mesin UNTIRTA yaitu KRAKATOA-EV. Tim yang baru dibentuk pada November 2022 ini berhasil melewati seleksi yang ketat dan menjadi satu-satunya perwakilan dari provinsi Banten yang bertanding di ajang bergengsi Shell Eco Marathon Asia 2023.

Dalam kesempatan ini, Yayan S. Ryan selaku Subkoordinator sekaligus pendamping mengatakan bahwa Tim KRAKATOA, mudah-mudahan ajang Shell Eco Marathon ini bisa menjadi motivasi untuk mahasiswa Untirta, “ini adalah awal yang sangat baik, baru pertama kali sampai dengan bisa mendapatkan peringkat ke 13 dari 27 Universitas sudah sangat bagus, saya harap tim KRAKATOA-EV Untirta Tahun depan bisa mengikuti event internasional ini lagi dan bisa menjadi lebih baik.” harapnya.

Manager Tim KRAKATOA-EV Angga mengungkapkan bahwa Rekor kita di 237Km/Kwh untuk pertama kali kita Ikuti sangat membanggakan “selama perlombaan, kita tidak ada sedikit kendala, battery kuat, tidak ada knock dan tidak berhenti di tengah sirkuit, kebanyakan tim yang gagal mulai dari technikal Inspection yang sangat ketat, tp tim kita sudah memenuhi semua itu” katanya

“Harapannya kedepan Tim KRAKATOA-EV bisa mengikuti event lagi dan mendapatkan hasil yang lebih maksimal” harapnya

Pada kompetisi ini KRAKATOA-EV mengikuti kategori Prototype Battery-Electric yang akan berhadapan dengan 7 negara yaitu China, Thailand, India, Malaysia, Kazakhstan, Brunei Darussalam dan Qatar. Selain itu KRAKATOA-EV juga akan berlaga melawan juara tahun lalu yaitu SEMAR PROTO UGM (Indonesia). (adv)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini