Beranda Peristiwa Tim DMC dan Komunitas Gelar Edukasi Kebencanaan dan Lingkungan

Tim DMC dan Komunitas Gelar Edukasi Kebencanaan dan Lingkungan

Foto istimewa

TANGSEL – Suara riuh dari ratusan orang yang hadir dalam agenda pelatihan penanganan pertolongan di air (water rescue). Berlokasi di Situ Bungur, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), sejumlah komunitas se Tangerang Selatan hadir dan antusias dalam mengikuti arahan dari tim Disaster Management Centre (DMC) Dompet Dhuafa, Sabtu (21/12/2019)

“Kegiatan water rescue ini sebagai bentuk pendekatan tim Disaster Management Centre terhadap wilayah sekitar Tangerang Selatan, terutama keberadaan Situ Bungur yang sangat berperan dalam ekosistem masyarakat di Tangerang Selatan. Situ Bungur beberapa akhir tahun ini tidak begitu terawat bahkan ada beberapa sampah kita temui, maka itu kolaborasi baik tim DMC dengan ratusan orang yang tergabung dari berbagai komunitas se Tangerang Selatan untuk bersama-sama menjaga serta merawat Situ Bungur serta peran komunitas dalam penanganan kebencanaan di lingkungan sekitar bila terjadi”, ujar M. Yamin selaku perwakilan tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa yang ikut memberikan pembekalan bagi puluhan komunitas.

Selain pembekalan materi water rescue, sejumlah komunitas yang hadir juga mendapatkan materi tentang lingkungan, peran Situ Bungur di wilayah Tangsel bisa menciptakan peluang arena ekowisata yang tentunya akan menguntungkan bagi warga sekitar.

Namun kondisi yang kurang terawat serta ketidakpedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan menjadi Situ Bungur terbengkalai, hanya beberapa masyarakat memanfaatkan untuk memancing. Padahal keberadaan Situ Bungur dapat meninggikan ekonomi masyarakat serta berperan terhadap ekosistem lingkungan sekitarnya.

“Alhamdulillah pemuda dari berbagai komunitas bisa bergabung dan mengikuti pembekalan dari rekan-rekan DMC Dompet Dhuafa sehingga diharapkan para pemuda ini dapat memiliki peran aktif di masyarakat baik dalam kebencanaan maupun dalam lingkungan terutama pengelolaan Situ Bungur”, ujar Rohim salah satu tokoh masyarakat Tangerang Selatan.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini