Beranda Teknologi TikTok Kembangkan Fitur Baru, Pengguna Bisa Belanja hanya Gunakan Perintah Suara

TikTok Kembangkan Fitur Baru, Pengguna Bisa Belanja hanya Gunakan Perintah Suara

Ilustrasi - foto istimewa Wiser.my

SERANG – Perusahaan induk TikTok, ByteDance dikabarkan tengah mengajukan paten baru yang memungkinkan pengguna melakukan transaksi belanja melalui perintah suara.

Melansir GizChina, Selasa (15/11/2022), teknologi ini memungkinkan pengguna berbelanja hanya dengan suara untuk meningkatkan transaksi belanja online di Amerika Serikat (AS).

Juru bicara TikTok, Laura Perex mengonfirmasi, bila pihaknya sedang mengajukan teknologi baru. Dia mengklaim bahwa fitur tersebut sedang dalam pengujian di AS.

Namun, dia tidak memberikan rincian lebih lanjut. Sebelum ini, ada pengujian di Inggris, Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

“TikTok sekarang mengundang bisnis AS untuk bergabung dengan program belanja baru. Program ini seiring waktu akan meluas ke penjual internasional,” kata Laura Perex.

Sebagai induk perusahaan, ByteDance melihat teknologi pada aplikasi TikTok masih sangat mungkin untuk dikembangkan.

Bahkan perusahaan berencana untuk mengembangkan berbagai teknologi lain, seperti kontrol lampu jarak jauh, TV dan kontrol AC dari aplikasi.

Dalam jangka panjang, aplikasi TikTok disebut juga akan menyajikan ramalan cuaca dan informasi online menggunakan suara.

Mengomentari rencana TikTok, Josh Gerben dari asosiasi hukum Gerben mengatakan, sangat umum bagi perusahaan besar seukuran ByteDance untuk mengembangkan aplikasi teknologi yang lebih luas.

“Hal-hal ini bahkan mungkin tidak berhubungan. TikTok dapat mengajukan aplikasi merek dagang apapun yang diinginkannya. Ini terlepas dari barang atau jasa,” jelasnya. (Red)