Beranda Bisnis PT Nikomas, PT PWI dan KMK Bakal Angkat Kaki Dari Banten

PT Nikomas, PT PWI dan KMK Bakal Angkat Kaki Dari Banten

(Foto: Jawa Pos)

SERANG – Tiga perusahaan besar dikabarkan akan keluar dari Banten. Salah satu penyebabnya adalah upah minimum kabupaten/kota (UMK) yang cukup tinggi.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten, Septo Kalnadi. Dirinya menyebut, ketiga perusahaan itu berada di Kabupaten Serang dan Kabupaten Tangerang.

“Ketiga perusahan itu yakni PT KMK Global Sport di Cikupa, Kabupaten Tangerang, PT Nikomas Gemilang dan PT Parkland World Indonesia (PWI) 1 dan 2 di Cikande Kabupaten Serang. Nikomas (pindah) ke Pekalongan, KMK ke Salatiga dan Temanggung, PT PWI 1 dan PWI 2 ke Pati,” kata Septo, Jumat (11/11/2022).

Lebih lanjut, Septo mengungkapkan, salah satu alasan hengkangnya tiga perusahaan itu karena tingginya UMK di wilayahnya masing-masing.

“Hengkangnya tiga perusahaan padat karya, yang menyerap banyak tenaga kerja itu akan berdampak pada bertambahnya jumlah penganggur di Banten,” ungkapnya.

Septo mencontohkan, di PT Nikomas yang memproduksi alas kaki itu saat ini ada sebanyak 54 ribu tenaga kerja. Bila tahun depan secara bertahap pindah akan menyebabkan bertambahnya jumlah pengangguran sebanyak 47 ribu.

“Kalau dia hengkang kita engga tahu disisakan berapa. Kalau disisakan 5 sampai 7 ribu dan itu sisanya potensi pengangguran,” ujar Septo.

Untuk mengatasi potensi membludaknya pengangguran, Septo akan menyiapkan program-program pelatihan agar para tenaga kerja saat berhenti membuka lapangan pekerjaan baru atau mandiri.

Tak hanya pelatihan, Pemprov Banten juga akan berkerja sama dengan industri lainnya untuk mempersiapkan tenaga kerja yang siap bekerja.

“Kalau pun begitu dengan anggaran yang ada akan digencarkan pelatihan kerja melalui UPT Latker kerjasama dengan industri. Mereka selesai dilatih bisa magang dan langsung kerja, ada juga pelatihan berbasis masyarakat untuk membangkitkan UMKM,”

Diungkapkan Septo, pada tahun 2025 mendatang akan,ada dua perusahan besar yakni PT Chandra Asih dan PT Lotte Chimical yang akan beroperasi di Provinsi Banten. Kedua perusahaan itu diharapkan menyerap tenaga kerja lokal. (Mir/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini