Beranda Hukum Tiga Pengendara Tewas Selama Masa Libur Lebaran 2024

Tiga Pengendara Tewas Selama Masa Libur Lebaran 2024

SERANG – Kecelakaan maut mengakibatkan tiga pengendara meninggal dunia. Sementara lima lainnya mengalami luka-luka.

Data itu tercatat oleh Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Serang sepanjang Operasi Ketupat Maung 2024. “Berdasarkan catatan, pada musim libur lebaran Idul Fitri 2024 hingga saat ini tercatat hanya 3 kasus lakalantas,” kata Kasatlantas Polres Serang AKP Tiwi Afrina, Selasa (16/4/2024).

Jumlah angka kecelakaan itu menurut Tiwi turun drastis dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlah kejadian pada tahun 2023 sebanyak 16 kasus, korban meninggal dunia sebanyak 9 pengendara dan luka-luka 23 orang.

Kasatlantas menjelaskan dari tiga kasus lakalantas yang terjadi pada libur Lebaran 2024 mengakibatkan tiga korban meninggal dunia, lima korban luka ringan, sedangkan 16 kasus lakalantas pada libur Lebaran 2023 tercatat 9 korban meninggal dunia dan 23 korban luka ringan.

“Kasus lakalantas tahun ini hanya terjadi pada pemudik kendaraan roda dua yang disebabkan kurang antisipasi saat mendahului,” kata Kasatlantas didampingi Kanit Gakkum Ipda Sandhi Pribadi.

Kasatlantas menjelaskan penurunan jumlah angka kecelakaan dan korban jiwa ini karena massifnya sosialisasi. “Selain spanduk, personel Satlantas juga diturunkan untuk mengatur arus lalin di jalur rawan kecelakaan. Yang tidak kalah penting adanya kesadaran pengendara serta instruksi Kapolda Banten untuk mengawal kendaraan pemudik roda dua,” tandasnya.

Tiwi mengatakan arus balik pemudik masih akan terjadi hingga akhir pekan mendatang, oleh karenanya, Kasatlantas mengimbau pemudik yang hendak kembali pulang agar tetap waspada serta berhati-hati dalam berkendara, utamanya batas kecepatan. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniÂ