Beranda Kesehatan Tiga Cara Cegah Terkena ISPA

Tiga Cara Cegah Terkena ISPA

Ilustrasi - foto istimewa

Polusi udara yang semakin memburuk di Jakarta dan berbagai daerah termasuk Provinsi Banten dapat membuat seseorang terkena Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Untuk mencegah perburukan ISPA akibat paparan polusi udara, ada 3 cara yang disarankan oleh dokter spesialis paru, yaitu dengan banyak minum air putih hingga menjaga stamina tubuh.

1. Sering Minum Air Putih

Melansir dari Suara.com (jaringan BantenNews.co.id), Dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi (Paru), dr. Januar Habibi, B.Med.Sc., Sp.P menjelaskan, dibanding hanya berfokus pada volume cairan, frekuensi seberapa sering minum dapat membantu melarutkan polusi udara yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga disarankan 20 menit sekali membasahi tenggorokan meski minum hanya beberapa teguk.

“Air minum enggak cuma volume yang kita jaga, tapi juga frekuensi coba kita rutinkan, karena itu bantu membersihkan apa-apa yang mengganggu di tenggorokan kita,” jelas dr. Yanuar saat konferensi pers pembagian 999 paket masker untuk warga Jakarta hadapi polusi udara oleh MS Glow, di Tebet Eco Park, Jakarta, Jumat (1/9/2023) lalu.

2. Cuci Hidung

dr. Yanuar juga menyarankan, untuk mengurangi efek buruk polusi udara sebaiknya rutin mencuci hidung. Tujuannya agar zat polusi yang berukuran besar, dan masih ada di saluran napas atas seperti hidung bisa kembali dikeluarkan dengan air.

“Jadi mungkin untuk teman muslim cuci hidung bisa sangat membantu, karena tadi disampaikan bahwa si zat polutan ukuran tertentu akan menempel di rongga hidung, jadi kalau kita bisa cuci hidung sebelum dia masuk, itu akan keluar, itu akan bantu,” jelas dr. Yanuar.

Melansir Hello Sehat, cuci hidung salah satu cara untuk melegakan rongga hidung dan meredakan gejala hidung tersumbat, bersin-bersin dan kelebihan produksi lendir.

Namun disarankan tidak mencuci hidung menggunakan air keran. Ini karena air keran belum tentu bebas kuman, sehingga berisiko untuk kesehatan hidung.

Disarankan untuk mencuci hidung menggunakan larutan saline dari NaCl yang dibuat sendiri atau dijual di apotek.

Apabila ingin membuat larutan saline sendiri, campurkan tiga sendok teh garam non-yodium dan satu sendok teh soda kue. Simpan campuran ini dalam wadah tertutup dan toples bersih sebelum saatnya digunakan.

3. Menjaga Stamina Tubuh

Cara terakhir untuk mengurangi efek polusi bahaya, yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan stamina.

Hal ini karena, kata dr. Yanuar polusi udara bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh, yang hasilnya penyakit karena infeksi bakteri dan virus bisa mudah terjadi.

“Karena stamina akan semakin lemah seseorang, akan mudah terkena penyakit paru. Kalau sakit, sudah terapi sederhana dilakukan di rumah, tiga hari enakan tidak apa-apa enggak perlu ke dokter. Tapi setelah itu malah bikin parah, tanpa demam, sebaiknya langsung ke rumah sakit,” tutup dr. Yanuar.

Menjaga stamina tubuh bisa dari pola makan sehat dan seimbang, rutin berolahraga, cukup istirahat, jangan begadang, hingga hindari stres atau kesehatan mental lebih diperhatikan. (Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini