Beranda Gaya Hidup Tidur Ternyata Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan, Begini 5 Caranya

Tidur Ternyata Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan, Begini 5 Caranya

Ilustrasi - foto istimewa matajurnal.com

SERANG – Ada cara lain yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan sambil bersantai. Anda bisa membakar kalori lebih cepat saat tidur. Artinya, cara tidur yang tepat bisa membantu menurunkan berat badan.

Berikut ini dilansir dari suara.com (jaringan BantenNews.co.id) beberapa tips membantu Anda mengoptimalkan tidur untuk menurunkan berat badan.

1. Tidur tanpa selimut

Tidur dengan selimut memang lebih nyaman, tetapi lebih baik Anda tidur tanpa selimut jika ingin menurunkan berat badan.

Saat Anda tidur di suhu yang lebih dingin, metabolisme Anda meningkat dan Anda membakar lebih banyak kalori saat beristirahat.

Kondisi yang lebih dingin di malam hari juga meningkatkan jumlah lemak coklat sehat yang memungkinkan tubuh Anda membuang gula darah yang tidak perlu dan membakar lebih banyak kalori.

2. Tidur dalam jumlah cukup

Salah satu cara paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah tidur lebih banyak. Penelitian telah menunjukkan bahwa hanya satu jam ekstra tidur setiap malam membantu Anda makan 270 kalori lebih sedikit per hari tanpa banyak usaha.

3. Minum protein shake sebelum tidur

Tidur dalam kondisi perut kosong bisa membuat Anda terjaga di malam hari. Ada banyak camilan sehat dan bergizi yang bisa Anda makan sebelum tidur, salah satunya adalah protein shake.

Protein lebih termogenik daripada karbohidrat atau lemak yang menyebabkan tubuh Anda membakar lebih banyak kalori untuk mencernanya.

4. Pakai masker mata saat tidur

Terkena cahaya di malam hari tidak hanya mengganggu tidur Anda, tetapi juga dapat menyebabkan tubuh menyimpan lebih banyak lemak. Orang yang tidur dalam gelap 21 persen lebih kecil kemungkinannya mengalami obesitas dibanding mereka yang tidur dengan lampu nyala.

Jika Anda tidak bisa tidur dengan lampu mati, Anda dapat memakai masker mata yang nyaman untuk memberikan kegelapan total saat tidur.

5. Jangan tidur dalam kondisi lapar

Melewatkan makan malam atau tidur dalam kondisi lapar justru tidak membantu menurunkan berat badan. Ketika Anda tiba-tiba menurunkan asupan kalori, tubuh secara otomatis masuk ke mode kelaparan dan menurunkan metabolisme Anda untuk menghemat kalori.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini