Beranda Kesehatan Tidur di Waktu Ini Dipercaya Bikin Tubuh Segar

Tidur di Waktu Ini Dipercaya Bikin Tubuh Segar

Ilustrasi - foto istimewa matajurnal.com

Berapa lama sih waktu tidur yang dibutuhkan tiap orang? Beberapa ahli berpendapat tidak ada jawaban pasti untuk berapa banyak waktu tidur yang dibutuhkan tetapi seringkali bergantung pada usia dan genetik.

Ada beberapa orang yang hanya butuh 3-5 jam tetapi ada juga yang memerlukan lebih dari 5 jam agar bisa terbangun dengan segar. Beberapa pakar tidur mengklaim bukan tentang kuantitas waktu tidur tetapi kualitasnya.

Seperti yang diketahui, waktu tidur terbaik adalah pukul 10 malam hingga 6 pagi karena dirasa cocok dengan ritme sirkadian alami tubuh. Matt Walker, kepala Sleep and Neuroimaging Lab di University of California, Berkeley, menyatakan jam 8 malam sampai 12 siang adalah waktu untuk mendapatkan REM (Rapid Eye Movement) agar bisa tidur nyenyak.

“Tidur malam yang baik akan selalu terdiri dari sekitar lima hingga enam siklus tidur lengkap selama 90 menit bagi rata-rata orang dewasa untuk bangun dengan perasaan segar,” katanya dikutip dari detik.com.

Mayoritas populasi akan memakan waktu sekitar 15 menit sebelum mereka tertidur. Jadi, jika Anda ingin bangun dengan perasaan segar kembali pada jam 7 pagi, akan lebih baik tidur sekitar jam 9:45 malam atau 11:15 malam

Tentu saja, ada cara lain untuk tidur nyenyak. Anda dapat menggunakan kalkulator tidur atau jam alarm siklus tidur. Bahkan ada yang mengambil kuis What Time Should I Go To Bed atau menggunakan berbagai aplikasi untuk mengingatkan mereka tentang waktu terbaik untuk tidur dan bangun.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini