Beranda Kesehatan Terus Membaik, 4 PDP dari RSUD Dradjat Serang Jalani Perawatan di Rumah

Terus Membaik, 4 PDP dari RSUD Dradjat Serang Jalani Perawatan di Rumah

 

SERANG – Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Dradjat Prawiranegara, Kabupaten Serang kembali merumahkan empat pasien dalam pengawasan (PDP). Keempatnya merupakan pasien PDP-3, PDP-7, PDP-9, dan PDP-10.

“Ada perkembangan PDP di RSDP PDP 3, PDP 7, PDP 9, PDP 10 telah menjalani perawatan di rumah/homecare, jadi sekarang di RSDP ada dua PDP yang dirawat,” kata Humas RSDP dr. Dradjat Prawiranegara, Kabupaten Serang Khaerul Anam melalui pesan tertulis, Selasa (31/3/2020).

Untuk diketahui, pada kasus infeksi Covid-19 dengan gejala ringan dan tanpa kondisi penyakit penyerta seperti (penyakit paru, jantung, ginjal) mungkin dapat dilakukan perawatan atau isolasi di rumah.

Beberapa alasan pasien dirawat di rumah di antaranya, kondisi perawatan tidak tersedia atau tidak aman (mungkin menimbulkan komplikasi) atau pasien menolak dirawat di rumah sakit. Namun, hal tersebut harus mempertimbangkan beberapa hal di antaranya keputusan klinis dan keamanan lingkungan pasien.

Perlu dilakukan informed consent dengan pasien terkait dengan perawatan di rumah. Petugas medis juga harus mengikuti perjalanan penyakit dengan menghubungi via telepon atau jika memungkinkan kunjungan tatap muka secara diagnosis dan Penatalaksanaan Pneumonia Covid-19 regular (setiap hari) dan melakukan tes pemeriksaan diagnostik spesifik jika diperlukan.

Hingga berita ini diturunkan, pihak rumah sakit masih menunggu hasil swab keempatnya dari Labkes Kemenkes RI, di Jakarta. “Belum keluar hasilnya,” kata Anam. (You/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini