Beranda Pemerintahan Terobosan Teknologi Pemkot Tangerang Bikin PNS Tak Bisa Kabur saat Jam Kerja

Terobosan Teknologi Pemkot Tangerang Bikin PNS Tak Bisa Kabur saat Jam Kerja

6014
0
Ilustrasi - foto istimewa Republika.co.id

TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kembali membuat terobosan teknologi baru. Teknologi ini membuat Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak bisa lagi melipir ke lain tempat dengan hadirnya Total Egov, aplikasi untuk absensi sekaligus pelacak PNS.

Widi Yanto, perwakilan Dinas Kominfo Pemkot Tangerang dalam acara Indonesia InternasionalSmart City Expo and Forum (IISMEX) di JCC Senayan, menceritakan bahwa dalam menghadirkan smart city, Pemkot Tangerang mengeluarkan aplikasi bernama Total Egov.

Aplikasi ini sebenarnya digunakan untuk absensi PNS saat dinas ke luar kota. PNS Pemkot Tangerang cukup menekan fitur absen di aplikasi tersebut untuk absen, maka dia telah terhitung hadir.

Menariknya, setelah absen melalui aplikasi ini, PNS Pemkot Tangerang akan terlacak keberadaannya melalui aplikasi yang terdapat di gawai tersebut.

“Semua pegawai wajib punya aplikasi Total Egov, kami absen di sana, jadi kami bisa dilacak,” kata Widi dilansir bisnis.com, Sabtu (20/7/2019).

Dia mengatakan aplikasi Total Egov hanya untuk PNS Pemkot Tangerang, adapun jika perusahaan lain ingin menggunakan harus mengembangkan sendiri.

Tidak hanya itu, Total Egov juga membantu Pemerintah Kota Tangerang untuk memantau petugas kebersihan mereka selama di lapangan, sehingga Pemkot Tangerang mengetahui daerah-daerah yang dibersihkan saat itu.

Selain Total Egov dalam mendukung smart city melalui aplikasi, Pemkot Tangerang juga mengeluarkan aplikasi Tangerang Live bagi warga Kota Tangerang.

Kelebihan aplikasi Tangerang Live, selain untuk kanal pengaduan juga untuk kanal mencari lokasi belanja, masjid, restoran dan lain-lain yang berada di Kota Tangerang. (Red)